Perbaikan Jalan Laiba-Wakumoro Ditargetkan Tuntas, Antara Akhir 2021 dan Awal Tahun Depan

  • Bagikan
Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, tepatnya antara Desa Laiba-Wakumoro memasuki tahap dua. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra menargetkan proyek ini tuntas akhir 2021.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin, mengatakan perbaikan jalan di Desa Laiba-Wakumoro sepanjang 3,1 kilometer sementara dalam tahapan pengaspalan. Sedangkan tiga kilometer sisanya dalam proses tahapan lelang proyek di LPSE Sultra.

“Untuk tiga kilometer itu kita anggarkan di APBD-P, sehingga jalan sepanjang enam kilometer tersebut kita tuntaskan keseluruhan akhir tahun ini, paling lambat awal 2022,” jelasnya, Jumat (22/10/2021).

Sementara sebagian perbaikan jalan kelanjutan dari total enam kilometer tersebut akan dikerjakan Pemerintah Pusat pada 2022. Jalur ini merupakan penghubung Kabupaten Muna-Buton Tengah-Muna Barat.

Burhanudin menambahkan, pada anggaran perubahan Dinas SDA dan Bina Marga selain diamsukkan perbaikan jalan di Kabupaten Muna, juga akan membiayai perbaikan jalan poros di Ambaipua-Motaha serta Motaha-Lambuya di Kabupaten Konawe Selatan.

“Di sana itu ada dua ruas jalan, masing-masing itu anggarannya sekitar 2,5 miliar perjalur, panjang yang akan dikerjakan itu sekitar satu kilometer,” terangnya.

Di anggaran perubahan itu juga ternyata akan digunakan untuk pembiayaan perawatan jalan sekitar 20 titik ruas jalan di wilayah Sultra, termasuk Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Baruga, Kota Kendari depan SMAN 5 Kendari.

Baca:   Dinas PUPR Targetkan Jalan di Kendari Mulus Akhir 2018

“Termasuk jalan di Konda, Konsel (Konawe Selatan) itu akan kita perbaiki. Tinggal menunggu pengesahan DPA dari pusat. Kalau ditandatangani DPA itu, kita akan aspal secepatnya,” tambah Burhanudin.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan