Perbaikan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Wakatobi Gelar Rakor Bersama Para Tokoh

  • Bagikan
Suasana Rakor Bawaslu Wakatobi di salah satu hotel di Wakatobi, Kamis (12/12/2019). (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Suasana Rakor Bawaslu Wakatobi di salah satu hotel di Wakatobi, Kamis (12/12/2019). (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Bawaslu Kabupaten Wakatobi menggelar rapat koordinasi (rakor), Kamis (12/12/2019). Rakor yang bertema “Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum” ini diikuti oleh sejumlah, jurnalis, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, dan para tokoh agama maupun masyarakat.

Ketua Bawaslu Wakatobi, La Ode M. Arifin, mengatakan rakor tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan Bawaslu pada pengawasan pemilu 2019, agar dilakukan perbaikan pengawasan dalam Pilkada 2020.

Ia berharap dalam kegiatan ini akan ada penyamaan persepsi terkait dengan tugas Bawaslu Wakatobi dalam mengawasi pemilu.

“Kegiatna ini pula bagaimana dalam kerja-kerja kami, ada penyatuan pemahaman dalam hal proses pencegahan maupun penindakan pelanggarab oleh Bawaslu ,” katanya.

Lanjutn Arifin, dalam rakor ini juga pihaknya ingin mengujur secara kuantitatif apa yang telah dilakukan dan dicapai selama ini.

“Dalam rapat ini juga, apa yang telah dilakukan Bawaslu dapat diukur dan terukur secara kuantitatif untuk bagaimana kecapain sifatnya baik akan di tingkatkan dan pertahankan, yang belum baik, akan diperbiki,” ungkapnya

Sementara itu, Koordinator Devisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Wakatobi, La Ode Januria, mengungkapkan dalam tahapan pencalonan ini ada potensi masalah, diantaranya dokumen palsu, kepengurusan ganda, dukungan ganda, dan manipulasi dukungan.

“Jadi kami akan fokuskan pengawasan pada verifikasi syarat dukungan paslon perseorangan. Dan metode prosedur,” terangnya.

Baca:   Usulan Reses Tak Terkafer, Ketua Fraksi PIB DPRD Wakatobi Walk Out

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan