Perdana Penukaran Uang TE 2022 di Pasar Sentral Kota Kendari

  • Bagikan
Antrean masyarakat yang menukarkan uang (Foto: Tian/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) perdana melakukan pertukaran Uang TE 2022 di Pasar Sentral Kota Kendari sekitar pukul 10.00 WITA, Jumat (19 Agustus 2022).

Pengelola Uang Rupiah (PUR) BI Sultra M. Sidratul, mengatakan ada beberapa lokasi di Kota Kendari untuk pertukaran uang Tahun Emisi (TE) 2022, mulai 19-26 Agustus 2022.

(Baca: Mau Tukar Uang Lama dengan Uang TE 2022? Begini Caranya)

“Hari ini kas keliling jadwalnya di Pasar Sentral Kota Lama, selanjutnya 22 Agustus di Mall Mandonga, 23 Agustus di Pasar Panjang Kota Kendari, 24-25 Agustus masing-masing di Marina Mart dan di depan MGM Baruga, terakhir di depan Informa Kendari,” ucapnya.

Adapun perbedaan fisik yang nampak selain warna kertas yang dibuat menonjol dan tajam, terdapat juga perbedaan ukuran yang menandakan perbedaan uang lama dan uang TE 2022.

(Baca juga: BI Luncurkan 7 Pecahan Uang TE 2022, Ini Perbedaannya)

“Untuk Uang TE 2022 perbedaan ukuran masing-masing pecahan itu 5 milimeter. Jadi, dari seratus ribu ke lima puluh ribu perbedaannya 5 milimeter begitu seterusnya sampai ke pecahan uang seribu rupiah,”lanjutnya.

Antusias warga cukup baik, terlihat dari banyaknya yang ikut mengantre di depan mobil kas keliling yang di sediakan pihak Bank Indonesia.

Baca:   Dirjen Bea Cukai Minta Dukungan Polri Naikkan PNBP

Seorang warga, Fitra mengatakan dirinya sengaja datang untuk menukarkan uang lamanya dengan uang baru.

“Saya menukarkan uang lama sama uang baru sebanyak 5 paket atau total satu juta rupiah, saya juga melihat bentuknya beda dan warnanya lebih terang dari yang sebelumnya. Sebelumnya saya sedikit kesulitan membedakan antara uang dua ribu dan dua puluh sekarang lebih mudah membedakannya,” ucapnya.

Untuk diketahui, jumlah penukaran hingga pukul 12.00 WITA, ada 100 paket yang telah terealisasi. (B)

Laporan: Tian
Editor: Feni Sul Fianah

  • Bagikan