Perebutan Kursi 02 Pilwabup Koltim Semakin Sengit

  • Bagikan
Ilustrasi (SULTRAKINI.COM)
Ilustrasi (SULTRAKINI.COM)

SUTRAKINI.COM: Pertarungan dua calon wakil bupati (Wabup) Kolaka Timur (Koltim) priode 2021-2026 antara Abdul Aziz dan Hj. Diana Masse yang diusulkan langsung oleh ke empat partai besar pemenang pemilu, yakni Partai Demokrat, PAN, Gerindra, dan PDIP kini semakin sengit.

Kursi Wakil Bupati Kolaka Timur sendiri sudah lama tanpa penghuni. Terhitung sejak di tinggalkan Andi Merya Nur yang naik kelas menjadi Bupati Koltim. Hingga Andi Merya tertangkap KPK, kursi wakil bupati tetap lowong. Kini dua figur yang diusung langsung oleh ke empat partai besar siap bertarung sengit mengisi kontentasi pemilihan wakil bupati (Pilwabup) Koltim.

Bagaimana tidak, masing-masing partai telah merekomendasikan figur. Abdul Aziz berhasil mengantongi dukungan tiga partai yaitu Demokrat, PAN, dan Gerindra. Sementara Hj. Diana Masse sukses mengunci dukungan dari PDIP.

Dilansir dari Detiksultra.com, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Koltim, Arham Said mengatakan, panitia pemilihan (Panli) bentukan DPRD Koltim sejatinya sudah siap melaksanakan pemilihan wakil bupati (Pilwabup) begitupun dengan tiga partai pengusung telah siap mengusulkan figur ke Pj Bupati Koltim, tinggal menunggu kesepakatan PDIP.

“Panli DPRD sudah sangat siap menggelar Pilwabup, itu dari jauh-jauh hari. Bahkan, Panli sudah menyurati dua kali partai pengusung untuk mengusulkan calonya,” ucap Arham kapada Detiksultra.com, Kamis (2 juni 2022).

Baca:   Ketua DPW PAN Sultra Bawa Energi Baru untuk Dua Paslon di Pilkada 2020

Kendati demikian pelaksanaan Pilwabup masih mengalami kendala, dikarenakan surat rekomendasi yang ditandatangani empat partai pengusung belum kunjung di serahkan ke Pejabat (Pj) Bupati Koltim.

Pasalnya, untuk mengusung ke Pj Bupati Koltim itu harus dua calon sekaligus karena tata tertib Panli dan regulasi yang mengatur hal tersebut.

Ketika dokumen kesepakatan empat partai pengusung yang telah ditandatangani secara bersamaan dan telah diserahkan ke Pj Bupati Koltim maka selanjutnya akan dipastikan pemilihan untuk merebutkan kursi 02 Koltim akan segera dilangsungkan.

Sebagai informasi tambahan, kepala pemerintahan Koltim sementara diisi Pj Bupati, sembari menunggu hasil Pilwabup, yang nantinya, ketika sudah ada maka dengan sendirinya Wakil Bupati Koltim akan mengisi jabatan Plt Bupati.

Laporan: Farhan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan