PERKHAPPI Siap Bersinergi dengan Pemda Dukung Investasi Pertambangan di Sultra

  • Bagikan
Jajaran pengurus DPW PERKHAPPI Sultra saat pose bersama. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia (PERKHAPPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilantik, Sabtu (11/12/2021).

Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Nasional (DPN) PERKHAPPI, Ardiansyah Tiawarman K, Ketua DPRD Sultra, H. Abdurrahman Shaleh, Gubernur Sultra yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra, Suharno.

Ketua DPW PERKHAPPI Sultra, Dedi Ferianto, SH, CLMC dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bersama jajaran pengurus dan anggota akan bersinergi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan pelaku usaha pertambangan mendukung investasi pertambangan di Sultra dalam bingkai pertambangan yang baik.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 di Sultra saat ini memiliki 221 izin usaha pertambangan (IUP). Tentu kita berharap perusahaan tambang tersebut dapat memberikan kontribusi dan nilai tambah pertumbuhan perekonomian nasional, meningkatkan pendapatan daerah dan negara, membuka peluang kerja yang luas, serta meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar tambang,” ujarnya, Sabtu (11/12/2021).

Ia merincikan, sebanyak 221 IUP yang ada di wilayah itu terdiri dari 148 perusahaan tambang nikel, 37 tambang aspal, 27 tambang emas dan masih banyak lagi.

Namun demikian kata Dedi Ferianto, kekayaan alam yang melimpah ruah saat ini justru berdampak negatif dan bahkan menjadi kendala. Itu semua akibat dari banyaknya praktek ilegal minning, kerusakan lingkungan secara permanen yang tidak dapat diperbaharui lagi.

“Olehnya itu, atas amanah yang diberikan pada saya hari ini sebagai Ketua DPW PERKHAPPI Sultra akan berkomitmen mendukung investasi pertambangan di Sultra dalam bingkai pertambangan yang baik, bersinergi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum, pelaku usaha pertambangan, dan seluruh komponen masyarakat,” katanya.

Baca:   ASR Kendari Beri Bantuan Keluarga yang Tinggal di Gubuk 2x3 Meter

Sementara iti, Sekretaris DPW PERKHAPPI Sultra, Mas’ud, SH,. CMLC mengatakan, kegiatan pelantikan tersebut bertujuan untuk menjaring informasi dan pengetahuan berbagai pihak berkenaan dengan kondisi dan
permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan investasi pertambangan di Sultra

“Selain itu juga untuk menyusun dan merumuskan strategi penguatan sektor pertambangan Indonesia melalui investasi terkait dengan upaya peningkatan ekonomi yang lebih baik,” jelasnya.

Kegiatan ini juga, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi forum pertemuan antara praktisi hukum, ilmuwan, peneliti, penentu kebijakan, pengusaha (swasta) dan mendorong kerja sama antarberbagai kalangan yang berkecimpung langsung di bidang pertambangan.

“Sehingga proses pertambangan nasional khususnya di Sultra dapat disertai dengan investasi yang baik serta demi permasalahan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terjawab dan diwujudkan,” tandasnya.

Daftar pengurus DPW PERKHAPPI Sultra:
1. Ketua, Dedi Ferianto, SH,. CMLC
2. Wakil Ketua, Irwan Rasyid, SH
3. Sekretaris, Mas’ud, SH,. CLMC
4. Bendahara, Tri Utami Sinar Dani, SH,. CMLC
5. Ketua Bidang Keanggotaan, Agung Widodo, SH,. CLMC
6. Ketua Bidang Diklat, Eko Satria, SH,. MH
7. Wakil Ketua Bidang, Saddang Nur, SH
8. Ketua Bidang Humas, Apri Awo, SH. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan