Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari dapat Akreditasi A dari LAP-PNRI

  • Bagikan
Perpustakaan MAN IC Kota Kendari (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Perpustakaan MAN IC Kota Kendari (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Berdasarkan hasil evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-PNRI) 2021, menyematkan akreditasi A pada Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Akreditasi ini berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor: 4432/4.1/PPM.02/IX.2021 pada September 2021 perihal hasil akreditasi perpustakaan, menetapkan bahwa perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah menunjukkan kesesuaian terhadap standar nasional perpustakaan dengan nilai predikat akreditasi A yang berlaku mulai 22 Juni 2021 sampai 22 Juni 2026.

Kepala MAN IC Kota Kendari, Muhammad Naim merasa sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang telah bekerja keras dalam menyukseskan pelaksanaan penilaian akreditasi perpustakaan sehingga mampu memberikan hasil terbaik.

“Mari kita semua sama-sama bersemangat dan bertekad untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pemustaka dan terpenting kita mampu mempertahankan prestasi ini. Tugas kami selanjutnya adalah menjaga, jangan sampai akreditasi A ini turun,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Humas MAN IC Kota Kendari, Asni mengungkapkan, tidak mudah untuk mendapatkan akreditasi A bagi sebuah perpustakaan madrasah, setidaknya tujuh instrumen yang harus dipenuhi.

Ketujuh instrument tersebut diantaranya, memiliki koleksi buku lebih dari 2.500 buah; mempunyai koleksi audio visual 90 judul buku lebih; memiliki koleksi khusus karya pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

Kemudian, pelayanannya sudah otomasi atau menggunakan bantuan teknologi informasi (TI); letak perpustakaan strategis dekat dengan ruang kelas baru (RKB); menyediakan fasilitas wi-fi, dan punya taman baca terbuka (saung fiksi).

Baca:   Berani Tunjukan Dirimu di Sirkuit Arwin Cup I tahun 2019?

“Alhamdulillah kerja keras kami membuahkan hasil. Untuk semua item itu kami sudah penuhi keseluruhan,” ucap Asni, Kamis (21/10/2021).

Dia menyebut, capaian ini merupakan prestasi yang patut untuk disyukuri, mengingat usia perpustakaan yang baru diresmikan penggunaannya pada Februari 2019 oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

Asni juga membeberkan beberapa keunggulan yang dimiliki gedung perpustakaan MAN IC Kendari yaitu luas, desain rak buku modern, serta nyaman bagi siswa yang sedang membaca karena di setiap ruangan memiliki AC. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan