Persiapan HKG Tingkat Provinsi Busel TP PKK Busel Gelar Pameran Mini UP2K

  • Bagikan
Ketua TP PKK Busel saat membuka pameran mini UP2K (Foto: Dok. Diskominfo Buton Selatan)
Ketua TP PKK Busel saat membuka pameran mini UP2K (Foto: Dok. Diskominfo Buton Selatan)

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Buton Selatan berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar pameran mini usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) di Rumah Kreatif/Galeri Show Room Dekranasda, Pantai Boti Laompo Batauga, Jumat (12/3/2021).

Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Buton Selatan, Wa Ode Ruhania Arusani mengatakan, pameran dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-49 untuk tingkat Kabupaten Buton Selatan.

“Pameran diikuti tujuh kecamatan ditambah satu stand dari Dekranasda. Stand yang berhasil mendapat nilai terbaik akan mewakili Kabupaten Buton Selatan dalam rangka HKG PKK yang ke- 49 tingkat Provinsi Sultra yang akan dilaksanakan di Kendari pada tanggal 15 sampai dengan 18 Maret 2021 mendatang,” kata Ruhania, Jumat (12/3/2021).

UP2K kata Ruhania, merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga di Kabupaten Buton khusunya. Hal ini dapat mewujudkan dan mendorong ekonomi yang berpihak kepada rakyat melalui ekonomi kerakyatan sehingga terjadi pemerataan kesejahteraan dan kesempatan berusaha.

Pada kesempatan itu juga, Ruhania berpesan kepada pelaku usaha agar dapat menunjang kelancaran dan keberlangsungan usaha, perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seluruh anggota kelompok UP2K. Diantaranya, produk yang dihasilkan harus dapat diminati oleh masyarakat, mudah dipasarkan, usaha yang berkelanjutan dan cepat menghasilkan (income).

Baca:   Tingkatkan Kesejahteraan Petani Lokal, Gubernur Sultra Minta ASN Lingkup Pemprov Beli Beras di Perum Bulog

Selain itu juga lanjut dia, harus didukung dengan bahan baku yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar, serta kualitas dan kemasannya harus bagus dan menarik.

“Apabila hal-hal tersebut dilakukan oleh setiap pelaku usaha maka hasilnya akan meningkatkan kualitas usaha sehingga bertahan lama dan berjalan dengan lancar,” tuturnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan