Pesantren Ramadan, Aktivitas Religi Sekolah yang Diawasi Dikmudora Kendari

  • Bagikan
Ilustrasi.
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu aktivitas Ramadan yang tidak pernah dilewatkan adalah pesantren Ramadan. Kegiatan ini bahkan masuk dalam kalender pendidikan yang dikelurakan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kendari.

Pesantren Ramadan kali ini dijadwalkan pada pada 9-11 Mei 2019 oleh murid SD dan SMP di Kota Kendari. Pihak Dikmudora juga melakukan pengawasan agenda tersebut.

“Insya Allah di sekolah-sekolah akan ada pesantren Ramadan dan dari Dikmudora diwakili pengawas akan memantau langsung,” ucap Seksi Kurikulum dan Penilaian Dikmudora Kendari, Muh. Junardin Tahir, Senin (6/5/2019).

Kegiatan tersebut merupakan program terjadwal dalam kalender pendidikan. Di Sekolah sendiri masuk dalam program manajemen berbasis sekolah yang rencanakan oleh setiap sekolah.

Biasanya program ini berisi tadarus, siraman rohani, praktik wudhu dan salat, serta bakti sosial. Kegiatan itu dimaksudkan untuk menambah wawasan religius para murid. Untuk itu, pihak Dikmudora mengupayakan hal ini berjalan lancar.

Tercatat 22 SMP negeri dan 16 SMP swasta mengikuti pesantren Ramadan 1440 Hijriah di Kota Kendari. Serta diikuti 106 SD negeri dan 15 SD swasta.

Kalender pendidikan Dikmudora Kendari menetapkan masa libur awal memasuki Ramadan pada 6-8 Mei mendatang. Pesantren Ramadan berlangsung 9-11 Mei. Selanjutnya, 13-26 Mei perkiraan ulangan kenaikkan kelas, lalu 27 Mei-15 Juni libur Ramadan. (Adv)

Laporan: Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Baca:   Berawal Kampanye Literasi, Duta Bahasa Sultra Ikut Belajar Berbagi
  • Bagikan