Peserta Pelatihan BLK Kendari Akan Dibimbing Hingga Masuk Dunia Kerja

  • Bagikan
Peserta pelatihan BLK Kendari (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Peserta pelatihan BLK Kendari (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu menyebut akan melakukan pengawalan serta pengawasan terus menerus kepada seluruh peserta pelatihan BLK yang telah menjalani rangkaian pelatihan hingga ditempatkan si dunia kerja di Sulawesi Tenggara maupun luar daerah, Senin (10/1/2022). 

“Mereka (peserta pelatihan) merupakan anak kami jadi di pantau terus, karena saat mengisi formulir pendaftaran sudah tercantum dengan lengkap identitasnya, mulai dari nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Jadi, sampai beberapa tahun kedepan kita kawal terus. Kamu sudah jadi apa nak,” ucapnya, usai pembukaan pelatihan berbasis kompetensi institusional, Senin (10/1/2022). 

Program ini dinamakan survei kebekerjaan, sehingga ketika peserta telah berhasil di dunia kerja menjadi kegembiraan tersendiri bagi BLK Kendari. Ini juga menjadi tolak ukur kesuksesan program nasional dalam rangka menurunkan angka pengangguran di Indonesia khususnya untuk wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). 

“Tetapi, kalau mereka tumpul (belum berhasil di dunia kerja) kita perlu tingkatkan kemampuannya atau mengajarkan keterampilan baru kepada peserta dan sebagainya. Sehingga tidak ada berhentinya untuk kita tingkatkan kompetensi SDM angkatan kerja,” papar Haji Polondu. 

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan BLK Kendari, diharapkan dapat lahir calon tenaga kerja kompeten, inovatif, kreatif, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

Baca:   Gubernur Sultra Apresiasi Kerja Nyata Kepala BLK Kendari Tekan Angka Pengangguran

“Untuk itu, kepada peserta pelatihan, agar berlatih dengan sungguh-sungguh. Pada akhirnya dapat menolong diri sendiri dan keluarga sekaligus berkontribusi dalam pembangunan Ketenagakerjaan di Sultra,” ujarnya. 

Diketahui, mengawali tahun 2022 tepatnya pada Senin (10/1/2022), BLK Kendari menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi institusional sebanyak 9 paket, diikuti 144 orang terdiri dari 1 paket boarding dan 8 paket Non Boarding. (B)

Laporan: Al Iksan 
Editor: Hasrul Tamri

  • Bagikan