Pj Bupati Bombana Resmikan Layanan PN Pasarwajo

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana, Ir H Burhanuddin, M.Si (tengah) didampingi Ketua PN Pasarwajo Ari Gunawan, SH.,MH (kanan). Foto: Djufri Rachim/SultraKini.com

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin, M.Si minta kepada semua aparat pemerintah di wilayah kerjanya untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat. Pelayanan dimaksud meliputi kepastian hukum, efisiensi biaya dan efektivitas waktu.

Burhanuddin mengutarakan itu di hadapan sejumlah pejabat instansi pelayanan publik yang menghadiri peresmian loket layanan Kantor Pengadilan Negeri Pasarwajo di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bombana, Kamis (17 November 2022).

loker wartawan sultrakini

Hal tersebut sejalan dengan tujuan keberadaan MPP Bombana yang didirikan sejak 14 Oktober 2021 yakni untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam segala urusan usaha mau pun administrasi.

“Pelayanan kita agar semakin nyaman, mudah dan murah,” harap Burhanuddin yang telah berpengalaman sebagai Pj Bupati Konawe Kepulauan.

Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Ari Gunawan, SH.,MH yang menghadiri peresmian PN Pasarwajo di MPP Bombana menjelaskan pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan hukum kepada masyarakat Bombana yang selama ini harus berurusan adminsitrasi di Pasarwajo, ibukota Kabupaten Buton.

Untuk diketahui, Bombana adalah pemekaran dari Kabupaten Buton pada 18 Desember 2003, namun hingga kini belum memiliki kantor Pengadilan Negeri. Sehingga warga Bombana harus berurusan di Pasarwajo Buton, menyita waktu perjalanan minimal 3 hari sekali jalan ke sana.

Baca:   Nasdem Bombana Pastikan Usung Tafdil

Menurut Ari Gunawan jumlah masyarakat Bombana yang berurusan dengan PN Pasarwajo rata-rata di atas 30 orang dalam setiap bulan. “Di atas 100 orang dalam tiga bulan terakhir,” katanya menjawab SultraKini.com.

Sedikitnya terdapat delapan layanan PN Pasarwajo di MPP Bombana, diantaranya advis (konsultasi) hukum, informasi publik, pembuatan surat keterangan melalui aplikasi, serta pendaftaran perkara dan informasi persidangan melalui e-court.

MPP Bombana dilengkapi sistem teknologi informasi, merupakan gedung pelayanan satu atap pertama di Sultra dengan aneka layanan yakni Bank Sultra, Disdukcapil, Dinas Pertanian, Direktorat Jendral Pajak, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, BKD, Pelayanan Koperasi UMKM, Samsat, Polres Bombana (SKCK), BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Disnaker dan Kantor Pos. Terakhir adalah layanan PN Pasarwajo.

Laporan: Shen Keanu

loker marketing sultrakini
  • Bagikan