Pj Sekda Sekaligus Plh Bupati Koltim Dilantik

  • Bagikan
Penyerahan SK pelantikan Pj Sekda Koltim, Belli, Rabu (6/10/2021). (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melantik Belli sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Rabu (6/10/2021).

Belli menjadi Pj Sekda Koltim menggantikan Pj Sekda sebelumnya Andi Muh. Iqbal Tongasa yang berakhir masa jabatannya pada 6 September lalu. Jabatan Belli sebelumnya adalah Kepala Biro Administrasi Sekda Koltim.

Pelantikan Belli sebagai Pj Sekda sesuai dengan mekanisme baru dalam proses penetapan penjabat sekretaris daerah saat ini yang merujuk pada peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 91 Tahun 2019 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, yaitu mengamanatkan bahwa dalam hal bupati/wali kota tidak melantik penjabat sekretaris daerah dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 3, maka gubernur dapat melantik Pj Sekda baru.

Proses pelantikan itu dilakukan oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berdasarkan Surat Keputuan Gubernur Sultra, Ali Mazi Nomor: 544/2021 tentang Penunjukan Penjabatan Sekda Koltim.

Dalam keputusan tersebut, Belli akan menjabat sebagai Pj Sekda Koltim selama tiga bulan ke depan sekaligus mengisi Pelaksana harian Bupati Koltim setelah kosong ditinggalkan Andi Merya yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi pada 21 September lalu.

(Baca: 7 Hal yang Menguatkan Bupati Koltim dengan Kepala BPBD Diduga Korupsi)

“Ini untuk menjaga kevakuman terutama pemerintahan dan tugas-tugas lain sesuai dengan pesan Mendagri,” jelas Lukman.

Baca:   Kantor Bahasa Sultra Membawa Gerakan Literasi Bagi Anak di Buton Utara

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Penunjukkan Belli sebagai Pj Sekda dan Plh Bupati Kotim hanya akan berlangsung selama satu minggu dan diperpanjang hingga dua minggu untuk mengisi kekosongan jabatan yang selanjutnya akan dilakukan pemilihan Wakil Bupati Koltim.

Selanjutnya, Sekda Koltim ditugaskan untuk membangun hubungan yang baik bersama pimpinan DPRD Koltim.

“Selesaikan dulu masalah internal dan program, agar program yang sudah diputuskan kemarin dapat dilaksanakan. Selanjutnya, bangun hubungan yang baik dengan pimpinan DPRD Koltim,” tambahnya.

Pj Sekda Koltim terpilih, Belli. (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

Di tempat yang sama, Belli mengatakan dirinya siap melaksanakan tugas barunya dengan baik. Serta mempercepat proses administrasi khususnya masalah keuangan di samping tugas yang diberikan oleh Pemprov untuk segera mempercepat pemilihan Wabup definitif agar segera memiliki pemimpin daerah.

“Yang lain-lainnya saya harus memastikan pelayanan publik berjalan seperti biasa untuk kenyamanan masyarakat,” ucap Belli. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan