PKB Konsolidasi, Tingkatkan Partisipasi Perempuan Masuk Parlemen

  • Bagikan
Ketua DPP Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah bersama Ketua DPW PKB Sultra Jaelani (paling depan) saat melakukan konsolidasi (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Ketua DPP Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah bersama Ketua DPW PKB Sultra Jaelani (paling depan) saat melakukan konsolidasi (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perempuan Bangsa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar konsolidasi bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Bangsa. Konsolidasi organisasi sayap PKB ini untuk mendorong kaum perempuan eksis di kancah perpolitikan di Sultra.

Ketua DPP Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah mengatakan, kegiatan konsolidasi ini untuk meningkatkan partisipasi perempuan masuk di parlemen. Itu karena peran mereka sangat esensial pengayom suara kaum perempuan.

“Tekad bersama pada tahun 2021, mengaktivasi organisasi sebagai sarana kaderisasi perempuan di lingkungan PKB,” ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Perempuan Bangsa, kata dia, akan menguatkan peran dan fungsi kaderisasi perempuan secara efektif serta efisien. Termasuk melakukan program dan kegiatan yang mendukung pengembangan diri kader dan membesarkan rumah besar PKB.

“Dan melalui gerakan kaderisasi, kuota 30 persen diharapkan terakomodir di parlemen yang di duduki oleh perempuan-perempuan yang berkualitas dan potensial,” harapnya.

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani mengatakan, sebagai organisasi di bawah PKB, Perempuan Bangsa memiliki tiga resolusi yang mendasari kebijakan inklusif menuju upaya meningkatkan partisipasi perempuan.

“Pertama, sebagai kawah kaderisasi perempuan PKB. Kedua, tindakan afirmatif 30 persen harus diwujudkan dan bukan hanya sebatas aturan. Ketiga, mengembangkan dan memperluas konstituen PKB,” jelasnya.

Baca:   Pilkada Usai, DPW PKB Sultra Serukan Persatuan Tanpa Provokasi

Kaderisasi perempuan PKB, lanjut Jaelani, akan lebih dimasifkan intensitasnya. Sebagai persiapan menjadi tokoh politik kalangan perempuan di masa mendatang.

“Maka diharapkan kepada kader agar serius secara utuh mengikuti prosesnya,” tutupnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan