PKM UHO Diskusikan Pengolahan Air Bersih Terintegrasi Listrik Tenaga Surya di Pesantren Pondidaha

  • Bagikan
Sejumlah siswa yang terlibat dalam diskusi kelompok pada FGD PKM UHO. Foto: IST.

SULTRAKINI.COM: Sebanyak 20 santri atau siswa MTS, SMA dan SMK yang ada di Pondok Pesantren Al Munawarah, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara mengikuti kegiatan Forum Group Discussion bertajuk “Green Society Partnership Melalui Penerapan Teknologi Pengolahan Air Terintegrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Mewujudkan Kemandirian Energi Pesantren Al Munawwarah” pada Sabtu (13 Agustus 2022).

FGD tersebut sebagai rangkaian program kemitraan masyarakat sejumlah dosen Universitas Halu Oleo yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tim dosen diketuai Ir. Hasmina Tari Mokui, ST, M.E., Ph.D beranggotakan Dr. Laode Ahmad Nur Ramadhan, S.Si, M.Si dan Mustamin, ST, MT, serta melibatkan beberapa mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UHO yakni Wahyu Aditya, Robin, Samsul Muajin, J.N Fauzi dan Muh. Toti Alfandi.

Hasmina Tari Mokui menjelaskan FGD bertujuan untuk mengetahui wawasan dasar siswa tentang karakteristik air bersih, fungsi sekaligus perawatan pompa air, filter air dan pembangkit listrik tenaga surya dalam sistem pengolahan air, serta serta pentingnya keselamatan ketenagalistrikan.

Kegiatan dibuka pimpinan Pondok Pesantren Al Munawarah, La Bisimi yang mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada tim dosen yang telah melaksanakan kegiatan PKM yang bermanfaat bagi pondoknya.

Peserta pun cukup antusias dalam menerima materi dari tim dosen serius memberi materi namun sesekali diselingi humor.

Baca:   Bank Sultra Cabang Unaaha Buka Puasa Bersama Anak Yatim

FGD membagi 4 kelompok peserta dalam mendiskusikan keempat topik yang dipandu tim mahasiswa yang terlibat dalam PKM.

Hasil diskusi kelompok lalu dipresentasikan oleh perwakilan santri dari tiap grup. Antusiasme peserta semakin meningkat ketika tim dosen memberikan hadiah untuk kelompok yang menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar.

Kegiatan kemudian ditutup dengan penandatanganan berita acara kegiatan serta foto bersama.

Laporan: Shen Keanu

  • Bagikan