Polda Sultra Tingkatkan Keamanan Pemilu 2024 Melalui Simulasi Pengamanan TPS

  • Bagikan
Simulasi pengamanan TPS Pemilu di Polda Sultra. FOTO: IST
Simulasi pengamanan TPS Pemilu di Polda Sultra. FOTO: IST

SULTRAKINI.COML Dalam upaya memantapkan pengamanan Pemilihan Umum 2024, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) melaksanakan simulasi pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Apel Presisi Polda Sultra, pada Kamis, 18 Januari 2024, menandai kesiapan mereka dalam menghadapi segala potensi risiko keamanan selama proses pemungutan suara.

Simulasi dipimpin oleh Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto SIK, bersama dengan Irwasda Kombes Pol Yun Imanullah SIK dan Karo Ops Kombes Pol Tumpal Damayanus, merupakan bagian integral dari serangkaian persiapan keamanan.


Dihadiri oleh pejabat utama Polda Sultra, kegiatan ini menampilkan keterampilan puluhan personel dalam menanggapi berbagai skenario keamanan, menggunakan alat peraga yang menggambarkan situasi aktual TPS.

Kegiatan ini dirancang untuk menguji efektivitas protokol keamanan yang telah ditetapkan, meliputi identifikasi risiko potensial, penerapan strategi keamanan, dan pelatihan respons cepat bagi petugas keamanan.

Strategi yang diuji meliputi penempatan pos pengamanan, pemeriksaan identitas, dan koordinasi dengan kepolisian setempat untuk mengatasi situasi darurat dan mengelola antrian pemilih.

Pelibatan petugas TPS dalam simulasi menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap protokol keamanan, serta respons cepat dalam situasi krisis. Setelah simulasi, evaluasi menyeluruh dilakukan untuk mengidentifikasi aspek yang memerlukan perbaikan atau peningkatan, guna memastikan pemilihan berlangsung dengan aman, teratur, dan bebas dari gangguan keamanan.

Dengan simulasi pengamanan TPS ini, Polda Sultra menunjukkan komitmennya dalam memastikan pelaksanaan pemilihan umum yang aman dan lancar, sejalan dengan prinsip demokrasi yang adil dan berintegritas.

Laporan: Riswan

loker marketing sultrakini
  • Bagikan