Polda Sultra Tuan Rumah Kejuaraan Judo Perebutan Piala Kapolri 2022

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Antara Sultra/Aditya Pradana Putra)
Ilustrasi (Foto: Antara Sultra/Aditya Pradana Putra)

SULTRAKINI.COM: Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah dalam Kejuaraan Judo Bhayangkara dalam perebutan piala Kapolri 2022.

Dilansir dari AntaraSultra, kejuaraan tersebut dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kendari selama tiga hari mulai 15 hingga 17 Juli 2022 serta diikuti oleh 195 peserta dari personel Mabes Polri hingga Polda se- Indonesia.

Kepala Bidang Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, mengatakan kompetisi Judo ini bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan bakat dan sebagai ajang mencari bibit atlet judo dari Polri yang akan bertanding di kancah nasional maupun internasional.

”Dengan Kejuaraan Judo Kapolri Cup ini, Polri yang presisi mendukung kejayaan Judo di Indonesia,” ujarnya, Kamis (14 juli 2022).

Kombes Ferry menambahkan, dalam pertandingan terdapat dua kelas, yakni kategori perorangan dan beregu untuk putra dan putri. Untuk perorangan terdapat lima kategori sedangkan beregu masing-masing tiga kategori.

Polda Sultra terpilih setelah sebelumnya menjadi juara umum pada kejuaraan Judo  Kapolri Cup yang berlangsung di Dojo Sepolwan Lemdiklat Polri Jakarta pada Rabu, 18 Mei 2022 lalu.

Dilansir dari Wikipedia, Judo adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yang berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jujutsu. Jujutsu yang merupakan seni bertahan dan menyerang menggunakan tangan kosong maupun senjata pendek, dikembangkan menjadi Judo oleh Kano Jigoro pada 1882.

Baca:   977 Pegawai Non PNS Pemprov Sultra Terlindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Di Indonesia, olahraga Judo bernaung di bawah organisasi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI). Kejuaraan judo sendiri sudah diselenggarakan di berbagai tingkat mulai dari daerah, nasional, hingga internasional seperti Olimpiade. (C)

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan