Polemik Wing Air Berhenti Terbang ke Wakatobi, DPRD Sarankan Ini ke Bupati

  • Bagikan
Ketua Bapemperda DPRD Wakatobi, Badalan. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Berhentinya penerbangan Wing Air ke Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menuai kritik dari sejumlah kalangan, salah satunya dari DPRD setempat.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Wakatobi, Badalan, mengatakan dengan adanya pemberhentian penerbangan pesawat Wing Air mulai 8 Juli 2022 membuat Wakatobi seperti kembali ke 15 tahun lalu.

Terlebih, wilayah setempat merupakan salah satu 10 top destinasi pariwisata Indonesia. Badalan menilai, harusnya Wakatobi semakin terkenal dengan keindahan bawah lautnya dan mengangkat wilayah dari keterisolasian.

Di satu sisi, subsidi penerbangan bukan menjadi solusi terbaik karena masyarakat Wakatobi masih sangat membutuhkan APBD untuk perbaikan ekonomi pascapandemi. Belum lagi APBD Wakatobi turun pada pada 2022.

“15 tahun lalu penerbangan ke Wakatobi disubsudi untuk membuka keterisolasian daerah dan promosi pariwisata, sehingga saat ini Pemda Wakatobi mau melakukan subsidi menggunakan APBD, sama saja kita kembali ke 15 tahun yang lalu,” ucapnya, Jumat (15 Juli 2022).

Dia menambahkan, perlu adanya evaluasi menyeluruh terhadap langkah dan kebijakan bidang perhubungan, pariwisata, sektor perikanan kelautan, serta kebijakan strategis Pemda Wakatobi.

Politisi Partai Golkar ini menyarankan, Bupati Wakatobi Haliana bisa bertemu dan belajar dengan dua bupati sebelumnya guna menemukan solusi dari persoalan tersebut.

Baca:   Ketua DPRD Buton Tidak Terlibat Dana SMKN 2 Lasel

”Subsidi pernah dilakukan oleh pak Hugua, namun tidak lama itupun untuk membujuk maskapai penerbangan masuk ke Wakatobi karena saat itu baru dibuka bandara. Tapi kan berbeda dengan situasi sekarang,” jelas Badalan.

Diberitakan sebelumnya, maskapai Wing Air rute penerbangan dari dan ke Wakatobi terakhir beroperasi pada 7 Juli 2022. Pemberhentian ini bersifat sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tidak ada penjelasan secara rinci pengenai hal itu.

Di lain sisi, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kementerian dan Pemerintah Provinsi Sultra guna menemukan solusi, sebab pemberhentian penerbangan tersebut akan mengganggu kunjungan wisatawan karena Wing Air merupakan satu-satunya maskapai yang melayani rute penerbangan komersil dari dan ke Wakatobi. (C)

(Baca juga: Maskapai Wings Air Hentikan Penerbangan Ke Wakatobi)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan