Polres Baubau Kolaborasi dengan Kururio Luncurkan Pelayanan Berbasis Aplikasi K-Polisi

  • Bagikan
Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari saat peluncuran aplikasi K-Polisi (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari saat peluncuran aplikasi K-Polisi (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Polres Baubau luncurkan aplikasi K-Polisi untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan aplikasi K-Polisi ini merupakan salah satu fitur pada aplikasi transportasi Kururio hasil karya putra daerah asal Kota Baubau.

“Ini adalah pelayanan pertama kali di Sulawesi Tenggara bahkan di Indonesia terintegrasi dengan aplikasi layanan transportasi online,” kata Zainal (22/2/2021).

Saat ini, di Baubau sekitar 31 ribu lebih user yang sudah mendownload dan menggunakan Kururio. Dengan begitu kata Zainal, pihaknya memiliki tambahan energi baru yang dapat menginformasikan tentang bagaimana situasi Kambtimnas.

“Masyarakat dapat menginformasikan tentang bagaimana perilaku anggota juga bahkan sehingga kepolisian khususnya Polres Baubau dapat merespon laporan dengan cepat,” ucap Zainal.

Dia juga menjelaskan adapun fitur yang terdapat pada K-Polisi yaitu Panik Button dimana masyarakat dapat melaporkan kejadian langsung pada aplikasi sehingga pihak kepolisian dapat meresponnya secara real time.

Saat masyarakat memilih fitur Panik Button maka akan langsun terhubung pada beberapa titik diantaranya Bhabinkamtibmas, tim panter, 10 polisi terdekat yang berada 2 kilometer dari lokasi pelapor, tim panter, dan tim lain Polres Baubau.

Selain itu, terdapat fitur e-Lapor dan layanan surat kehilangan untuk masyarakat untuk melakukan pelaporan dan mengajukan surat kehilangan. Masyarakat akan mendapatkan kode dalam bentuk barkode yang akan diserahkan ke pihak kepolisian.

Baca:   Polres Baubau Terapkan Sispamkot pada Pilkada Serentak 2018

“Dari surat itu pihak berwenang akan melakukan konfirmasi dan membuat surat kehilangan tersebut,” ujarnya.

AKBP Zainal berharap aplikasi ini dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Baubau.

Ditempat yang sama, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengapresiasi sinergitas antara Kururio dengan Polres Baubau dan berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang disediakan dengan bijak dan bermoral itu, sehingga dapat memberikan dampak yang positif sesuai dengan harapan dan tujuan diciptakannya aplikasi K-Polisi ini.

“Inikan tujuannya untuk meningkatkan pelayanan polisi. Kalau bicara pelayanan itu kita selalu usahakan agar menjadi pelayanan yang prima,” kata Tamrin.

AS Tamrin juga menilai dengan adanya aplikasi ini personil kepolisian tentu akan dituntut untuk melakukan pelayanan sesuai dengan sistem dan cara kerja aplikasi agar masyarakat dapat menggunakan aplikasi sebagaimana mestinya.

“Sehingga muncul perasaan trust yaitu kepercayaan masyarakat atas aplikasi ini maka pelayanan ini dapat bertahan dan terus dimanfaatkan oleh masyarakat,” tutupnya. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan