Polsek KP3 Kolaka Fokus Tingkatkan Keamanan Penumpang Jelang Nataru

  • Bagikan
Aktivitas pengamanan personel Polsek KP3 Kolaka di Pelabuhan Feri Kolaka. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Mengantisipasi lonjakan penumpang kapal mendekati Natal dan tahun baru (Nataru) 2023, Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Kolaka, Sulawesi Tenggara melakukan pengawasan penumpang di saat kapal masuk maupun keluar dari Pelabuhan Feri Kolaka, Rabu (7 Desember 2022).

Salah satu bentuk pengawasannya seperti pada KM Fais saat memasuki Pelabuhan Kolaka dari Pelabuhan Bajoe. Personel polisi rutin berpatroli, operasi yustisi, dan pelayanan pada masyarakat melalui pintu-pintu masuk kawasan pelabuhan.

loker wartawan sultrakini

Dikatakan Kapolsek KP3 Kolaka, IPTU Wayan, pengamanan jelang nataru sejauh ini belum menemukan kendala. Setiap pemberangkatan penumpang kapal selalu diawasi petugas keamanan.

“Dari kepolisian selalu ada di tempat-tempat rawan, begitupun saat kedatangan kapal. Pemantauan terus dilakukan sampai aktivitas di pelabuhan selesai-baru balik istirahat,” jelasnya.

Pengamanan nataru secara teknis di kawasan Pelabuhan Feri Kolaka tetap mengacu pada rencana pengamanan dari pihak Polres Kolaka, di antaranya imbau kepada penumpang untuk mengutamakan keselamatan dengan memperhatikan barang-barang bawaannya hingga tidak menjadi korban tindak pidana premanisme.

“Hampir setiap hari edukasi yang dilakukan Polsek KP3 pada pengguna jasa penyeberangan laut dilakukan, yakni imbauaan keamanan dan keselamatan penumpang. Salah satunya memastikan tiket karena saat bertiket dia akan mendapatkan jaminan asuransi,” tambah IPTU Wayan.

Baca:   Pria Pekerja Swasta di Kolaka Meninggal Saat Mencari Istri yang Kabur dari Rumah

Pihak Polsek KP3 Kolaka juga berharap, masyarakat pengguna jasa pelabuhan penyeberangan bisa merasa aman dan nyaman, serta arus transportasi selama nataru berjalan dengan lancar.

“Kami terus lakukan pengawasan terkhusus Desember (2022),” ujarnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai Pelabuhan penyebrangan Feri Kolaka bisa dapat menghubungi Polsek KP3 Kolaka melalui kontak 0853 4652 7774. (B)

Laporan: Andi Lanto
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan