Polsek Onembute Ajak Pejabat Lintas Sektoral Diwilayahnya Menekan Penyebaran Covid-19

  • Bagikan
Rapat lintas Sektoral yang dipimpin oleh Kapolsek Onembute IPDA Syamsu Marlin SH (tengah) terkait upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kantor Kecamatan Onembute, (Foto: Ist)
Rapat lintas Sektoral yang dipimpin oleh Kapolsek Onembute IPDA Syamsu Marlin SH (tengah) terkait upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kantor Kecamatan Onembute, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran wabah Covid-19, Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, melaksanakan Rapat lintas Sektoral di Kantor Kecamatan Onembute, Senin (02 Agustus 2021), kemarin.

Rapat lintas Sektoral itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Onembute IPDA Syamsu Marlin, didampingi Camat Onembute dan Kasi Pemerintah Desa Pemda Konawe serta dihadiri seluruh kepala desa dan kelurahan Kecamatan Onembute dan Puskemas Onembute.

Kapolsek Onembute, IPDA Syamsu Marlin menjelaskan, Rapat lintas sektoral ini bertujuan agar dapat meminimalisir tingkat penyebaran Covid- 19 di wilayah hukum Polsek Onembute, serta menindaklanjuti kebijakan dari pemerintah dalam rangka nencegah dan menangani permasalahan terkait penyebaran Covid-19 asal Wuhan tersebut.

“Dalam rapat ini, kami mengundang para Kades dan Lurah serta pihak puskesmas Onembute, untuk membahas langkah yang akan diambil untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid -19 di wilayah Kecamatan Onembute,” katanya, saat dikonfirmasi media ini, Senin (2/8/2021).

Ia menambahkan, adapun hasil rapat dalam pembahasan menekan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Onembute tersebut, yakni pertama pelaksanaan disinfeksi serentak di setiap desa dengan melibatkan Tim Satgas Covid-19 tingkat desa dan Puskesmas Onembute.

Kedua, pendirian Pos PPKM setiap desa. Ketiga, penyerahan dan pengawasan pendistribusian bantuan beras PPKM ditiap desa.

Baca:   Polsek Onembute Gelar Baksos dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-75

Keempat, melakukan tracing terhadap dugaan masyarakat yang kontak erat dengan pasien Covid-19, dan terakhir terkait peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 76.

Menurutnya, terkait kegiatan pelaksanaan disinfeksi serentak di tiap desa tersebut harus dilakukan karena sejauh ini ada sebagian masyarakat di Kecamatan Onembute yang telah terkonfirmasi Covid-19, bahkan ada yang meninggal dunia.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Untuk sejauh ini yang terkonfirmasi Covid-19 sekitar lima orang, dan ada juga yang sudah sembuh,” ungkapnya.

Masih kata dia, untuk warga yang meninggal itu beralamat di Desa Anggolosi umur 82 tahun. Warga yang terinfeksi itu berawal dari sakit  kemudian dibawa ke RS Kabupaten Konawe, namun ketika diswab hasilnya dinyatakan positif.

“Ini yang masih kami cari tau penyebab dia terkonfirmasi Covid-19, untuk itu kami akan melakukan tracking kepada masyarakat agar bisa memutus rantai penyebaran virus itu,” terangnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfeksi serentak di setiap desa, Polsek juga agar melakukan tracking kepada masyarakat yang diduga kontak erat dengan pasien Covid-19, dan mendirikan posko PPKM tiap desa.

“Alhamdulillah, untuk bantuan PPKM sudah 100 persen teralisasi, tinggal pihak pemerintah desa yang menyalurkan bantuan itu untuk tiap-tiap warga terdampak,” katanya.

Baca:   Puluhan Pelaku Usaha di Kendari Terima Bantuan Dana

Selanjutnya, dalam perayaan HUT Republik Indonesia ke -76 tersebut, pihaknya mengintruksikan kepada masyarakat melalui kepala desa/lurah untuk memasang bendera merah-putih dan umbul-umbul di setiap rumah warga dimulai sejak tanggal 01 Agustus sampai 17 Agustus 2021 mendatang.

“Secara pribadi sendiri, saya wajibkan untuk masyarakat, sebagai bentuk penghargaan kita untuk para pahlawan,” tuturnya. (C)

Laporan: Andi Nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan