PON XX dan Peparnas 2021 di Papua akan Difasilitasi 428 Bus

  • Bagikan
Bus untuk mengangkut atlet dan ofisial pada PON dan Peparnas di Papua.

SULTRAKINI.COM: Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua akan ditunjang dengan 428 bus yang dikirim oleh Kementerian Perhubungan RI.

Total 428 unit bus dari Kemenhub resmi dikirim menggunakan kapal pada 24 Agustus 2021.

Transportasi bus dikirim guna menunjang pelaksanaan PON dari para atlet dan tim ofisial di tiga tempat penyelenggaraan, yaitu Jayapura, Timika, dan Merauke.

Menhub RI, Budi Karya, menjelaskan tidak hanya bus, ada juga 515 awak bus disediakan. Sebanyak 261 dari 515 awak merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua sebagai wujud pemberdayaan masyarakat.

Fasilitas ini nantinya ikut menunjang pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua, usai kegiatan PON.

Untuk Peparnas, sebanyak 160 unit bus akan dimodifikasi dengan membuat ramp on/off dengan kemiringan tertentu untuk para atlet yang menggunakan kursi roda.

Menhub Budi Karya juga mengatakan, usai PON dan Peparnas sebagian bus tersebut akan dimanfaatkan untuk melayani angkutan perintis, perkotaan yang pengelolaannya diserahkan ke Damri.

“Damri di Papua itu punya fungsi dua, bukan hanya angkutan orang, melainkan mengangkut barang yang dibawa orang-orang Papua ke pasar. Jadi fungsi ekonomi dari Damri di Papua itu sangat tinggi,” ucapnya dalam keterangannya yang dikutip dari laman Informasi Indonesia, Kamis (2/9/2021).

Baca:   Kali Pertama Sultra Berpartisipasi di Peparnas Papua, Gubernur Harap Atlet Harumkan Nama Daerah

Sarana pendukung lainnya diberikan Kemenhub, yaitu pembangunan dermaga ponton di kampung Ponton, tidak jauh dari Bandara Sentani dan dua unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani.

Pihaknya juga mengadakan dan memasang perlengkapan jalan, pembangunan Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura, dan pembangunan Area Traffic Control System di Kota Jayapura. Pembangunan ini penting sebagai alternatif jalur danau apabila jalur utama mengalami kendala. Sebab jalan Kota Jayapura ke Sentani dan sebaliknya banyak melalui rute utama.

Di satu sisi, Polri mengirimkan mobil dan motor sebagai fasilitas pengamanan selama pesta olahraga nasional di Papua pada 20 September-16 Oktober 2021 dan kegiatan Peparnas pada 2-15 November 2021 di dua kota tersebut.

Sebanyak 51 unit mobil dan motor dikirim pada 24 Agustus lalu.

Sebelumnya juga, Korlantas Polri mengirim 30 unit motor ke Polda Papua pada 2020.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan