Potret Pilkada 2020 Dibukukan Mahasiswa Ilmu Politik UHO, Resmi Diluncurkan

  • Bagikan
Mahasiswa Ilmu Politik Pengkaji bersama Editor Buku berjudul Potret Pilkada Serentak 2020 (Foto: Ist) 
Mahasiswa Ilmu Politik Pengkaji bersama Editor Buku berjudul Potret Pilkada Serentak 2020 (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 10 pengkaji dari Mahasiswa Ilmu Politik (Ilpol) melaunching buku tentang seluk beluk Pilkada tahun 2020 dengan judul ‘Potret Pilkada Serentak 2020’. Sebelum diterbitkan, buku dengan tebal 288 halaman ini diteliti dan dikaji selama enam bulan lamanya.

Hasil riset dan kajian tersebut merupakan hasil Pemilu dari tujuh kabupaten/Kota yang berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu.

Salah satu Mahasiswa Ilpol selaku Pengkaji, Vicky Himmawati Millenia, mengatakan terdapat tiga topik utama dalam buku tersebut yang diangkat dari total 10 BAB.

“Tiga topik itu yakni Petahana, Netralitas ASN, dan Konflik, itu topik utamanya, tapi ada juga dibahas di buku itu soal partisipasi sama independen juga lengkap ada di buku,” tutur Vicky, Sabtu (17/4/2021).

Ikuti: SURVEI PEMBACA SULTRAKINI.COM

Editor Buku, M. Najib Husain menyampaikan mahasiswa pengkaji dalam menulis buku ini mengumpulkan dua model data.

“Jadi data yang dikumpulkan itu ada dua, data sekunder dan data primer. Data sekunder kita dapatkan dari penyelenggara Pemilu dan juga dari media baik itu media online maupun media konfensional karena untuk turun dilapangan tidak dapat dilaksanakan secara maksimal kemarin terhambat Covid-19,” ucapnya.

Najib berharap dengan adanya buku tersebut dapat menjadi referensi bagi penyelenggaraan Pemilu dalam. pelaksanaan Pilkada selanjutnya.

Baca:   Tinjau Pembangunan Rusun Mahasiswa, Ridwan Ajak Gubernur Perhatikan Unsultra

“Hasil dari tulisan dari Mahasiswa kami ini betul-betul bisa menjadi masukan bagi penyelenggara Pemilu agar bisa memperbaiki kedepan,” tutupnya. (B)

Laporan: Mahatma Adnan Nuari
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan