Prajurit Kebanggaan Sultra Letda Marinir Muh. Ikbal Tiba di Konawe Dimakamkan di Pemakaman Keluarga 

  • Bagikan
Kedatangan Jenazah Almarhum Lettu Anumerta Muhammad Ikbal di Bandara Halu Oleo. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Jenazah Anggota TNI Letda Marinir Anumerta Muhammad Ikbal, tiba di Terminal Kargo Bandara Haluoleo Kendari, Senin (28 Maret 2022), sekitar pukul 16.45 Wita.

Jenazah Muhammad Iqbal diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air JT3763 take off pukul 11.35 Wita dari Timika, Papua, transit ke Makassar Sulawesi Selatan dan tujuan Sultra.

Kedatangan jenazah di Bandara Halu Oleo disambut dengan upacara militer yang dipimpin Komandan Lantamal VI Makassar, Laksamana Pertama Benny Sukandari.

Usai serah terima jenazah almarhum dibawa langsung ke rumah duka di Desa Anggotoa Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe.

Di rumah duka, dia disambut dengan suasana haru dan isak tangis. Rumah duka dipadati pelayat dan ucapan bela sungkawa, di Desa Anggotoa, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe.

Tampak warga Desa Anggotoa sepanjang jalan menuju rumah duka memasang bendera setengah tiang di masing-masing rumah.

Korban diketahui merupakan anak bungsu dari empat orang bersaudara, lahir di Desa Anggotoa, pada 26 November 1994. Almarhum Lettu Anumerta Marinir Muhammad Iqbal anak pasangan ibu Hartini dan Bapak Maris.

Alung Faisal (21) sepupu korban ditemui di rumah duka mengatakan bahwa sosok Almarhum Lettu Anumerta Marinir Muhammad Iqbal dikenal baik dalam menjalin hubungan silaturahim bersama keluarga.

Baca:   Kabar Pilgub Sultra Sampai ke Daerah Pinggiran Konsel

“Almarhum rajin salat, baik sekali sama keluarga, penampilannya biasa-biasa saja, tidak sombong,” katanya sambil menahan kesedihan.

Ia mengungkapkan, keluarga merasa sangat kehilangan atas berpulangnya Almarhum. Bahkan ibu kandungnya, ketika mendengar kabar duka tersebut langsung pingsan, sementara sang ayah harus menahan air mata dengan rasa terpukul dan bangga. Prajurit terbaik itu menghembuskan nafas dengan memperjuangkan ibu Pertiwi.

Prajurit kebanggaan Sulawesi Tenggara itu lahir di Anggotoa, 26 November 1994. Terakhir almarhum menjabat sebagai Danton Ban Kipan A.

Almarhum dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga, Desa Anggotoa Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe.

Proses pemakaman Almarhum juga dilakukan secara militer, dipimpin Komandan Lantamal VI Makassar, Laksamana Pertama Benny Sukandari.

Letnan Satu Marinir Anumerta Muhammad Ikbal, gugur dalam serangan Kelompok Separatis Teroris yang terjadi, di Pos Satgas Mupe Kabupaten Nduga Papua pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Penyerangan kelompok Egianus Kogoya terjadi pukul 17.50 Wita. Dalam aksi itu, KKB melakukan penyerangan dengan cara membabi buta serta melemparkan granat.

KKB ini selain membunuh warga sipil, juga menembak dan aparat TNI yang sedang mengemban tugas negara.

Dalam aksi penyerangan itu, dikabarkan ada sembilan prajurit TNI terluka, dan satu perwira bernama Moh. Iqbal, berpangkat letda (gugur) luka pada bagian lengan atas kanan hancur. Moh. Iqbal merupakan putra asali Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. (B)

Baca:   Pemda Konawe Kembangkan Teknik Budidaya Ikan Dalam Ember

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan