Prajurit TMMD di Buton Bangun Drainase Atasi Langganan Genangan Air Hujan

  • Bagikan
Personel prajurit TMMD bersama warga saat bekerja membuat drainase (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Personel prajurit TMMD bersama warga saat bekerja membuat drainase (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Puluhan prajurit TNI membuat drainase sepanjang 200 meter untuk menghindari genangan air yang biasa terjadi di wilayah SP 8 di Desa Sangia Arona, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton.

Pembuatan drainase adalah salah satu pembangunan sasaran fisik TMMD ke-110 Kodim 1413/Buton dibawah komando Kodam Hasanuddin. Hal ini dilakukan karena diwilayah tersebut sering tergenang air saat hujan.

Kepala Desa Sangia Arona, Arman Kandu mengatakan drainase dengan panjang kurang lebih 200 meter ini akan membantu mengalirkan air saat hujan ke area kali yang tidak jauh dari desa agar tidak terjadi lagi genang air saat hujan turun.  

“Disini kalau baru hujan sedikit saja sudah becek,” kata Arman pada media, Sabtu (6/3/2021).

“Harapan saya artinya dengan adanya TMMD ini program-program yang dicanangkan mereka ini akan bermanfaat untuk kepentingan desa kami,” tambahnya.

Ditempat yang sama, La Ceng (49) salah satu warga Desa Sangia Arona mengatakan sekitar lokasi tersebut memang tidak banjir tapi selalu tergenang air saat hujan. Rumah La Ceng berada tidak jauh dari pinggir jalan lokasi pembuatan drainase juga seringkali menjadi korban genangan air.

“Kan ini termasuk lembah diapit dengan gunung semua. Jadi kalau hujan itu hampir kena saya punya rumah masuk didalam,” kata La Aceng.

Baca:   Sepuluh Peninggalan Leluhur di Buton akan Ditetapkan jadi Cagar Budaya

La Ceng juga mengaku dia bersama Bapak-bapak dikampung itu ikut membantu disela-sela kesibukannya bertani. Dimana mereka membentuk kelompok kerja yang akan bekerja bergantian membantu TNI pada setiap kegiatan sasaran fisiknya TMMD. (Adv/C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan