Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Lepas Tukik Penyu di Wakatobi

  • Bagikan
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat pelepasan tukik. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat pelepasan tukik. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi melepas tukik penyu bersama masyarakat, di Patuno Resort, Desa Patuno, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (09 Juni 2022).

Selain melepas tukik, Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi juga melakukan transplantasi terumbu karang.

loker wartawan sultrakini

“Wakatobi ini ada 1,3 juta hektare yang menjadi taman nasional, di sini juga banyak terumbu karang yang sangat indah. Oleh sebab itu, tadi yang kedua kita juga melakukan transplantasi terumbu karang untuk melestarikan terumbu karang yang ada di lautan di sekitar Wakatobi ini,” kata presiden Jokowi saat memberikan sambutan.

Presiden juga menjelaskan, apabila kegiatan yang sama juga ikut dilakukan di daerah-daerah lain maka kelestarian dan ekosistem sumber daya laut di tanah air dapat terjaga dengan baik.

“Saya rasa ini kalau kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan tidak hanya di Wakatobi, tetapi di provinsi yang lain, di kabupaten yang lain, di kota yang lain, saya kira kelestarian dan ekosistem sumber daya laut kita dapat terus kita jaga,” terangnya.

Presiden pun mengapresiasi upaya dari masyarakat dan organisasi masyarakat (Ormas) pecinta lingkungan hidup di Wakatobi yang telah menggagas kegiatan pelepasan tukik penyu ini.

Baca:   Tiga Pelabuhan dan Satu Kapal di Wakatobi Diresmikan Presiden Jokowi

“Saya kira ini kegiatan yang sangat baik dari seluruh masyarakat, kemudian juga ormas-ormas pecinta lingkungan hidup, saya kira ini yang harus terus digerakkan,” ucapnya.

Presiden berharap terumbu karang yang ada di Wakatobi dapat dijaga dengan baik.

“Terumbu karang di Wakatobi ini betul-betul harus dijaga, jangan sampai ada yang rusak sedikit pun, karena ini akan menjadi sebuah aset besar bagi Wakatobi, bagi Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam rangka membangun sebuah ekonomi biru ke depannya. Ini memang baru tahapan-tahapan awal,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelepasan tukik penyu ini yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Setkap RI). (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan