Presiden Jokowi Pantau Vaksinasi Massal di Sultra

  • Bagikan
Antusias masyarakat Konawe mengikuti vaksinasi, Rabu (30/6/2021). (Foto: Andi Nur Aris.S/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menggelar vaksinasi massal Covid-19 di halaman perkantoran bupati, Rabu (30/6/2021). Kegiatan ini juga mendapat pantauan dari Presiden RI, Joko Widodo secara virtual.

Pantauan Sultrakini.com, masyarakat Konawe antusias mengikuti vaksinasi Covid-19. Ratusan orang memenuhi halaman kantor bupati sejak pagi hari.

Seorang warga Kecamatan Unaaha, Rudi juga mengikuti program nasional tersebut. Ia berkata, vaksin Covid-19 sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari virus sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Terlebih sudah melewati uji laboratorium dan dipastikan kehalalannya.

“Alhamdulillah, sudah divaksin, prosesnya juga cepat tidak perlu menunggu lama,” ujarnya.

Melihat antusiasme masyarakat itu, tim pengawas vaksinasi massal Dr. Budy Utomo ikut merasa senang dan mengapresiasi niat masyarakat Konawe.

Demi menangani vaksinasi massal, Dinas kesehatan menurunkan petugas sekitar 100 orang serta menyediakan vaksin bagi masyarakat. Bahkan stok vaksin disiapkan di gudang penyimpanan Dinkes Konawe.

“Kami sangat mengapresiasi minat warga, terlihat dari kedatangan mereka untuk melakukan vaksinasi massal ini. Kalau bisa masyarakat Konawe harus divaksin karena virus ini belum ada obatnya,” ucapnya.

Lagipula, persyaratan vaksinasi cukup mudah. Masyarakat hanya perlu membawa KTP untuk mendaftar, lalu akan diarahkan ke lokasi vaksinasi.

Baca:   Tujuh Pejabat di Sultra Batal Disuntik Vaksin, Termasuk Kepala Diskominfo

“Jika selesai diverifikasi, berkas hasil screening langsung menempati meja pelayan vaksinasi, tanpa menunggu lama proses penyuntikan langsung dilakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan, menerangkan masyarakat sangat antusias dengan program vaksinasi. Khusus Konawe capaian vaksinasi, yakni 47 persen. Pencapaian tersebut, kata dia, tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, dari TNI-Polri.

“Target kami seribu orang, kalau perlu semua warga Konawe bisa divaksin,” jelasnya.

Presiden Jokowi turut memantau vaksinasi di Konawe secara virtual dari pelataran Kantor Gubernur Sultra di Kota Kendari.

Presiden mengajak semua elemen bekerja sama mempercepat program vaksinasi. Pemerintah menargetkan satu juta vaksin per hari pada Juli dan dua juta vaksin pada Agustus.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemda, serta TNI dan Polri dalam membantu program vaksinasi ini,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi massal Kapolres Konawe, Kepala UPTD Puskesmas Unaaha, Kepala UPTD Puskesmas Uepai, Koramil 1417-07 Unaaha, dan SKPD Konawe.

Vaksinasi massal di Kendari

Presiden Jokowi juga memantau vaksinasi di Kota Kendari, tepatnya Kantor Gubernur Sultra. “Salam sehat yah,” ucap Jokowi kepada sejumlah masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi.

Sontak masyarakat merespon secara beramai-ramai menjawab sapaan presiden yang dikawal ketat Paspampres.

Baca:   Golkar, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Sultra

“Salam sehat pak,” sahut masyarakat secara kompak.

Selain Kendari dan Konawe, Presiden juga memantau vaksinasi di sejumlah daerah lainnya di Sultra.(B)

Laporan: Andi Nur Aris.S&Riswan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan