Profil Wali Kota Baubau AS Tamrin, Pria yang Dibesarkan di Kawasan Keraton

  • Bagikan
Wali Kota Baubau, AS Tamrin. (Foto: Dok. Pemkot Baubau)

SULTRAKINI.COM: Wali Kota Baubau, AS Tamrin kini tutup usia pada Kamis, 13 Januari 2022. Bendera setengah tiang pun diimbau untuk dikibarkan. Siapa Sebenarnya sosok AS Tamrin?

Dilansir dari berbagai sumber, pemilik nama asli Dr. H. Abdul Sajid Tamrin, M.H ini lahir pada 20 November 1952. Beliau sempat menjabat sebagai Wali Kota Baubau dua periode, yakni 2013-2018 dan 2018-2022. Di periode keduanya, AS Tamrin di dampingi La Ode Ahmad Monianse selaku Wakil Wali Kota Baubau.

Pria 69 tahun ini dibesarkan dalam kawasan Benteng Keraton Buton.

Dalam karier pendidikannya, beliau menyelesaikan pendidikan di STM Negeri Baubau, ia meraih gelar sarjana dari Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta pada Agustus 2017.

Tamrin meraih gelar doktor ilmu pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan predikat cum laude pada 2017.

(Baca: Wisuda Bersama Anak, Doktor AS Tamrin dengan Banyak Pujian)

Menyangkut penghargaan, birokrat dan politisi Partai Amanat Nasional tersebut pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Kesetiaan 30 Tahun pada 2009, Tokoh Budaya dari Asosiasi Kota Pusaka pada 2015, dan Bupati Inspiratif dari 7 Sky Global Media.

Semasa menjabat, pencetus PO-5 ini dikenal sebagai sosok orang tua yang baik. Namun kini beliau telah meninggal dunia, tepatnya di Rumah Sakit Omni Pulomas Jakarta.

Baca:   BPOM: Kandungan Gula Susu Kental Manis Tinggi Dibanding Susunya

Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Sartini dan lima orang anak.

(Baca: Ritual Pemakaman Segera Digelar, Ini Lokasi Pemakaman Wali Kota Baubau)
(Baca: Mengenal PO-5, Nilai-Nilai Penuh Makna dari Negeri Seribu Benteng)

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan