Program Bombana One Village One Product, Burhanuddin Diberi Award 2023

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin saat menerima Sultra Award 2023. Foto: IST
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin saat menerima Sultra Award 2023. Foto: IST

SULTRAKINI.COM: KENDARI — Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin, telah diakui atas prestasinya dalam memajukan Kabupaten Bombana. Program-program yang dijalankannya telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

Pengakuan atas kemajuan yang dicapai oleh Pj Bupati H. Burhanuddin dalam kurun waktu 14 bulan terakhir ini dapat dilihat dari sejumlah penghargaan yang diterimanya. Salah satu penghargaan terbaru yang diberikan adalah Sultra Award 2023. Burhanuddin dinobatkan sebagai Palopor Pemberdayaan Masyarakat melalui program “One Village One Product” atau Satu Desa Satu Produk.

Sebelumnya, Burhanuddin juga mendapat penghargaan istimewa dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara melalui Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) atas keberhasilannya dalam mengendalikan inflasi daerah melalui TPID.

Burhanuddin menjadi sorotan utama dalam Sultra Award 2023 yang diselenggarakan oleh salah satu koran daerah. Ia menerima penghargaan sebagai tokoh Pelopor Pemberdayaan Masyarakat.

Penghargaan ini secara resmi diserahkan oleh Direktur Utama PT Fajar Coorporation Indonesia, Suhendro Boroma, dalam acara yang digelar di salah satu hotel di Kendari pada Rabu (27 September 2023).

Acara penganugerahan turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Pj Gubernur Sultra Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto, Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra Dr. Patris Yusrian Jaya, Kakanwil Kemenkumham Silvester Sili Laba, dan Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio.

Prestasi Burhanuddin juga mencakup kemampuannya dalam menjaga produksi pangan dan menjaga stabilitas harga pangan di Bombana. Salah satu kebijakan utamanya adalah program Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggarap satu hektar lahan perkebunan.

Program ini telah berhasil membantu menjaga stabilitas harga pangan dan produk pertanian di Bombana, yang pada gilirannya membantu mengendalikan tingkat inflasi di daerah tersebut.

Sejak menjabat sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Bombana pada 24 Agustus 2022, Burhanuddin terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersedia.

Dalam sambutannya saat menerima Sultra Award 2023, Burhanuddin menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan motivasi besar bagi dirinya dan seluruh timnya untuk terus bekerja keras dalam membangun Kabupaten Bombana menjadi lebih baik lagi.

Salah satu inisiatif utamanya, yakni program “One Village One Product,” telah diakui sebagai langkah penting dalam menggerakkan ekonomi di seluruh desa di Bombana.

“Saya ingin melihat semua desa di Bombana tumbuh dan berkembang melalui produk-produk unggulan yang mereka hasilkan, yang pada akhirnya akan memberikan nilai ekonomi yang signifikan,” ujarnya.

Saat ini, setiap desa di Bombana telah mengembangkan produk unggulan masing-masing, dan Burhanuddin terus mendorong agar produk-produk tersebut dapat dipasarkan secara luas melalui jaringan ritel modern yang tersedia di Bombana, dan bahkan di seluruh Sultra.

“Kita berharap produk-produk unggulan Bombana dapat dikenal dan tersedia tidak hanya di daerah kita sendiri, tetapi juga di seluruh Sultra,” tegasnya.

Laporan: Shen Keanu

  • Bagikan
Exit mobile version