Proses Evakuasi Warga Binongko Posotif Covid-19 Ke RSUD Wakatobi Terkendala Cuaca Buruk

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, Arhawi. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Tim Gugug Tugas Covid-19 Wakatobi akan segera mengevakuasi enam orang warga di Pulau Binongko yang positif Covid-19 ke RSUD Wakatobi.

Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, setelah enam warga Wakatobi dinyatakan positif Covid-19, pihaknya langsung menggelar rapat mendadak untuk membahas langkah yang akan ditempuh oleh Gugus Tugas Covid-19 Wakatobi.

Dalam rapat tersebut tim gugus tugas ini membuat dua kesimpulan diantaranya, akan segera dilakukan evakuasi kepadq enam orang tersebut dari pulau Binongko ke RSUD Wakatobi, agar dilakukan perawatan maksimal walaupun keenam orang ini tidak memiliki gejala Covid-19.

“Walaupun mereka tidak memiliki gejala, namun sesuai dengan protokoler kesehatan Covid-19 maka yang positif itu harus ditangani di ibu kota kabupaten (RS) agar pelayanannya mereka juga ini bisa maksimal,” ungkapnya, Kamis (14/5/2020).

Arhawi mengungkapkan, saat ini RSUD Wakatobi telah menyiapkan ruag isolasi khusus kepada warga yang positif Corona.

ibu alimazi

Bahkan, saat ini Dinas Kesehatan bersama BPBD Wakatobi telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses evakuasi.

Saat ini proses evakuasi enam orang yang terpapar Covid-19 ini masih terkendala cuaca buruk.

“Sekarang operator speed dan tim masih menunggu melihat cuaca, kalau cuacanya memungkinkan maka mereka segera mungkin kita evakuasi, ke ibukota untuk menjalani perawatan di RSUD Wakatobi,” paparnya.

Baca:   Satu Petugas Laboratorium RS Dewi Sartika Positif Covid-19

Keenam orang positif Covid-19 ini merupakan eks penumpakn KM Dorolonda dari bagian timur. Mereka tersebar didua kecamatan yaitu, Kecanatan Binongko empat orang, dan Kecamatan Togo Binongko dua orang.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan