PSI Panggil Anak Muda Kendari Nyaleg di Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua DPD PSI Kota Kendari, Irda Siswanto. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Dewan Pengurus Daerah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memanggil dan mengajak anak-anak muda potensial yang berkeinginan untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD bisa bergabung bersama partainya.

PSI membuka peluang besar bagi generasi muda yang berkeinginan menjadi anggota DPRD Kota Kendari tanpa harus memiliki modal besar. 

loker wartawan sultrakini

Ketua DPD PSI Kota Kendari, Irda Siswanto, mengatakan pihaknya baru saja melakukan segala hal yang berkaitan dengan proses verifikasi faktual dan tengah mempersiapkan pembentukan badan pemenangan pemilihan umum (Bappilu) untuk menyambut pemilihan serentak 2024. 

“PSI juga sementara mempersiapkan pengkaderan bakal calon PSI,” ucapnya di Sekretariat PSI Kota Kendari, Minggu (16 Oktober 2022).

Menghadapi momentum pemilihan nanti, lanjut Irda, PSI berharap anak muda di Kota Kendari khususnya, serta di Sultra pada umumnya. Ajakan itu juga dimaksudkan untuk mematahkan opini bahwa selama ini hanya senior ataupun politisi senior bisa berpartisipasi dalam bursa pencalonan pemilu, sementara anak muda tidak. Untuk itulah, di pesta demokrasi mendatang menjadi peluang generasi tersebut menunjukkan kemampuan dalam dunia politik.

“Jujur, kami pengurus DPD tidak ada yang mau maju jadi caleg, jadi murni menjadi wasit bagi teman-teman yang mau maju melalui PSI karena kalau di partai-partai lain itu banyak yang ikut serta, tapi cuma mendulang suara bagi pengurus DPD, kalau kami komitmen tidak boleh ada yang ikut jadi caleg,” ucapnya.

Baca:   KPUD Kendari Verifikasi Kepengurusan dan Keterwakilan Perempuan Dua Parpol Baru

Dikatakannya pula, PSI Kota Kendari akan mendukung anak muda yang berkeinginan dan punya kemauan maju sebagai calon legislatif, jika mempunyai visi misi antikorupsi dan anti-intoleransi. Hal itu sesuai dengan visi misi DPP PSI.

“PSI tidak menerapkan standar khusus, siapa saja anak muda yang mau jadi anggota DPRD kami dukung, yang penting punya kemauan dan mental juara. Kami rekomendasikan kepada anak-anak muda karena anak muda itu idealisnya tinggi,” terangnya.

“Kalau masuk di partai besar mereka harus ikut dengan kebijakan-kebijkan yang dibuat oleh partai, tapi di PSI ini memberi kebebasan, jadi mungkin cocok sekali bagi anak-anak muda yang selama ini suka orasi memperjuangkan hak-hak masyarakat, melalui PSI ini juga bisa lebih maksimal lagi upaya-upaya mereka dalam membela kepentingan-kepentingan masyarakat,” sambung Irda Siswanto. 

Pengusaha Muda Sultra ini juga menyebut, DPD PSI Kota Kendari menargetkan meraih dua kursi di legislatif kota pada Pilcaleg 2024.  

“Mungkin kemarin-kemarin ada yang pernah mengikuti debat politik di kampus, melalui wadah PSI ini meraka bisa berkarya melalui perwakilan rakyat di dewan,” tambahnya. 

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan