PT Askrindo Galang Berbagi Darah Sambut Bulan Berkah

  • Bagikan
Aksi berbagi darah sambut bulan berkah di Warkop K.19 (Foto: Ist)
Aksi berbagi darah sambut bulan berkah di Warkop K.19 (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menjelang bulan Suci Ramadan 1442 Hijiriah tahun 2021 pihak PT Askrindo Cabang Kendari bersama IJTI Sulawesi Tenggara, PT Geo Gea Mineralindo, Komunitas Marimotret Kendari, dan Donactive Peduli Indonesia Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan donor darah untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI Kendari. Kegiatan yang berlangsung di Warung Kopi K1.9 itu berhasil mendapatkan 19 kantong darah, Sabtu (10/4/2021).

Pimpinan PT Aksrindo Cabang Kendari Syahruddin mengatakan kegiatan ini sengaja dilaksanakan dikarenakan stok darah di PMI Kendari sangat sedikit jika dibandingkan bulan Maret 2021. Bulan suci Ramadan 1442 Hijiriah tahun 2021 diprediksi stok darah akan menipis akibat pendonor sebagian sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

“Kami bersama beberapa perusahaan dan komunitas melaksanakan donor darah ini agar stok kantong darah di PMI Kendari tetap ada saat dibutuhkan masyarakat yang ada di Kota Kendari,” katanya.

Rencananya, lanjut Syahruddin, kegiatan donor darah ini akan kembali dilaksanakan di bulan Suci Ramadan namun waktu pendonoran dilaksanakan pada malam hari. Sedangkan target pendonor darah yaitu non muslim tetapi jika ada umat muslim yang ingin mendonorkan maka diperbolehkan.

Sementara itu, Ketua IJTI Sulawesi Tenggara Asdar Zuula, mengatakan sudah seharusnya menjelang Ramadan setiap tahunnya kegiatan donor darah dilaksanakan.

Baca:   Pelayanan Kependudukan di Disdukcapil Kendari Meningkat Hingga Tiga kali Lipat

“Saya akan membantu menginformasikan ke warga lewat media televi agar masyarakat mau mendonorkan darahnya dan semoga kantong darah hasil kegiatan kemanusiaan itu bisa digunakan sebaik-baiknya dalam kondisi Pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Ketua Donactive Peduli Indonesia Sulawesi Tenggara Moh Afif Nashrullah S Ked, menjelaskan jika target awal kantong darah pada kegiatan kemanusiannya ini sebanyak 50 kantong namun beberapa warga yang datang kondisi tubuhnya tidak dianjurkan untuk melakukan donor. Selain itu, kondisi pendonor darah baru beberapa hari melakukan suntik vaksinasi COVID-19.

“Jumlah kantong darah yang diperoleh sebanyak 19 kantong namun jumlah ini sangat banyak bagi kami dan kami bersama komunitas serta perusahaan lain akan tetap menjalan aksi kemanusiaan ini agar kebutuhan masyarakat untuk darah terpenuhi,” ungkapnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan