PT Gema Kreasi Perdana Umbar Janji Untuk Warga Pulau Wawonii

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Hadirnya PT Gema Kreasi Perdana di Pulau Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan, bakal menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatakan kemakmuran ekonomi masyarakat setempat. Hal itu diucapkan Direktur Utama perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan nikel itu, Bambang Murtiyoso di hadapan masyarakat Desa Sukarela Jaya, Kacamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konkep.

Pertemuanya bersama masyarakat setempat melalui pendekatan kekeluargaan, dirinya memaparkan kisaran gaji karyawan pada perusahaanya itu senilai Rp2,5 juta setiap bulan.

“Dalam setiap bulan kami menggaji para karyawan 2,5 juta, kami bakal menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja pribumi agar angka pengangguran di daerah ini berkurang,” ujar Bambang Murtiyoso di Desa Sukarela Jaya, Minggu (25/11/2018).

Bambang juga mengungkapkan, bahwa ada seribu mutiara yang terpendam di pulau kelapa itu. Artinya, lulusan sarjana di wilayah setempat lebih membantu kinerja perusahaan. Mereka akan merekrut dan memberikan gaji yang layak.

“Kasian jika jasa kita lulusan starata satu harus kerja sebagai honorer, harus kerja di toko yang gajinya hanya sejuta bahkan ada yang gak sampe sejuta, jika kami beroprasi, tenaga-tenaga itulah yang kami rangkul sebagai tenaga kerja dengan gaji layak,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihak perusahaan juga bakal memanfatkaan usaha warga, seperti melariskan warung-warung warga setempat. Kata dia, tidak hanya di sukarela jaya saja masyarakat yang menginginkan pertambangan itu salah satunya juga desa Nambo Jaya.

“Masuknya kami di sini, ekonomi masyarakat setempat bakal meningkat seperti yang punya usaha jualan otomatis banyak yang bakal belanja dalam hal melariskan usaha warga, sebab ada perputaran ekonomi di sini. Kami suruh masyarakat untuk membibit tanaman pohon yang akan kami pakai reklamasi bekas galian kami yang akan kami tanamkan. Kami akan beli pada masyarakat, ini juga upaya pemberdayaan ibarat mata rantai ekonomi masyarakat jangan terputus, dari Desa Nambo Jaya juga inginkan kita masuk,” jelasnya.

Baca:   KPK Tetapkan Aswad Tersangka Korupsi Rp 2,7 T, Begini Gambaran Rumahnya

Ia juga menjanjikan akan membangun tower jaringan telepon dan membina masyarakat bekerja di pertambangan.

Sementara itu, masyarakat setempat mengeluhkan akan jaringan telepon dimana daerah sukarela jaya itu masih membutuhkanya.

“Di hadapan masyarakat saya sampaikan kami siap membangun tower jaringan telepon. Kami juga akan membina masyarakat setempat dalam hal ini bagaimana kerja di pertambangan, contoh ada masyarakat ingin jadi operator excavator kami akan latih, kami gaji karyawan diatas UMR,” sambungnya.

Berdasarkan keterangan pihak aparat keamanan dari Koramil 14/17. 01 Wawonii dan Polsek Waworete, Kabupaten Konkep, keadaan wilayah tersebut kondusif.

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan