PT IPIP Datangi BLK Kolaka Sambil Lihat-lihat Fasilitas Pelatihan SDM

  • Bagikan
Foto bersama rombongan PT IPIP, Disnakertrans Kolaka, dan jajaran BLK Kolaka. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Pihak PT Indonesia Pomalaa Industry Park (IPIP) bertandang ke Kantor UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Kolaka. Agenda ini bagian dari tindak lanjut pertemuan sebelumnya perusahaan dengan Disnakertrans Kolaka.

Sejumlah perwakilan perusahaan yang datang ke BLK, di antaranya Kepala ESG Bob Saril, CRS Mila, dan MGR Operationaly.

loker wartawan sultrakini

Dikatakan Kepala BLK Kabupaten Kolaka, I Nyoman Warta, kehadiran pihak PT IPIP guna silaturahmi, sekaligus melihat fasilitas pendukung pelatihan BLK termasuk SDM, instruktur, dan program untuk menunjang kualitas tenaga kerja lokal.

“Mereka infonya akan perekrutan 20 ribu tenaga kerja. Masalah kebutuhan tenaga kerja untuk perusahaan itu belum dijelaskan, mereka identifikasi dulu. Mereka nanti men-support peralatan pelatihan yang kurang,” jelasnya, Jumat (6 Januari 2023).

I Nyoman Warta menambahkan, pihaknya membutuhkan penambahan simulator yang selama ini tersedia dua unit. Sejauh ini pendukung peralatan pelatihan di BLK Kolaka mencapai 60 persen.

Mengenai tenaga kerja, kata dia, sebelumnya Pemda bersama DPRD Kolaka melalui perda yang disetujui pada 2023 terkait penyerapan 70 persen tenaga kerja lokal dalam sebuah perusahaan.

“Kita jangan terlena dengan 70 persen, harus mempersiapkan skill serta keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Kalau dengan PT Vale kita sudah kerja sama, nanti tanggal 16 (Januari) dimulai kembali pelatihannya, yakni jurusan las dan listrik industri,” tambahnya. (C)

Baca:   Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Busel Beri Bantuan Gerobak Jualan

Laporan: Andi Lanto
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan