PT Jasa Raharja Sultra Gandeng Basarnas dan KSOP Edukasi Nahkoda dan ABK Keselamatan Berlayar

  • Bagikan
Kepala Cabang PT Jasa Raharja Saldhy Putranto (kiri) dan Analis Operasi Basarnas Kendari Ni Kadek Wiriawan (kanan) usia pembukaan pelatihan. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Guna meningkatkan keselamatan dan tata cara pengajuan klaim santunan kecelakaan laut, PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara menggandeng Basarnas Kendari dan KSOP Kelas IIA Kendari melakukan pendidikan dan pelatihan berlayar bagi nahkoda dan ABK, Senin (29/11/2021), di Kendari.

Sedikitnya, sebanyak 37 peserta yang terdiri dari nahkoda dan ABK perwakilan dari berbagai daerah se- Sultra turut berpartisipasi menjadi peserta dalam pendidikan dan pelatihan yang dipusatkan di salah satu hotel di Kendari.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sultra, Saldhy Putranto, mengatakan bahwa pendidikan dan pelatihan nahkoda dan ABK ini diselenggarakan dengan tujuan agar teman-teman nahkoda dan ABK bisa mengerti dan mengetahui, serta menambah informasi mengenai tata tertib dalam melakukan pelayaran dan kewajiban dari nahkoda dan ABK itu sendiri.

Kemudian, lanjut dia, melalui pelatihan ini juga bisa memberikan informasi mengenai tata cara keselamatan bagi masyarakat pengguna alat angkutan umum dengan harapan para nahkoda dan ABK ini bisa memberikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang kapalnya.

“Tata tertib yang dimaksud disini, sebelum berlayar kan hasus ada administrasi yang harus dilengkapi supaya nanti sebelum berlayar administrasi dilengkapi dulu dan itu menjadi syarat sebelum melakukan pelayaran,” ungkap Saldhy.

Baca:   Komitmen Jasa Raharja Sultra Berikan Pelayanan Prima

Menurut dia, setiap kapal yang sudah memilik izin dan melakukan pembayaran iuran wajib kapal laut itu semua penumpang dan kruw kapalnya jika mengalami kecelakaan itu di cover asuransinya oleh PT Jasa Raharja.

“Jadi kalau semuanya sudah lengkap administrasi berlayar dan iuran wajib sudah dilengkapi, maka Jasa Raharja punya kewajiban untuk memberikan santunan jika terjadi sesuatu hal yang tidak dikehendaki,” terangnya.

Sementara itu, Mewakili Kepala Basarnas Kendari, Analis Operasi Basarnas Kendari sekaligus pemateri pelatihan, Ni Kadek Wiriawan mengucapkan terima kasih atas undangan pihak PT Jasa Raharja Sultra untuk memberikan edukasi kepada para nahkoda dan ABK.

“Terima kasih kepada Kacab (Kepala Jasa Raharja Sultra, red) kami diundang untuk membawakan materi masalah keselamatan dan keamanan dalam bertransportasi,” ujarnya.

Katanya, dalam kesempatan ini Basarnas Kendari memberikan edukasi terkait pentingnya keselamatan dalam bertransportasi di laut. Terutama masalah Safety.

“Kami memberikan ke peserta bahwa pentingnya keselamatan kenyamanan dalam bertrasportasi di laut, khususnya masalah safety. Masalah kelengkapan-kelengkapan alat bantu keselamatan, alat bantu navigasi, alat bantu komunikasi, apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan biar kami cepat dapat laporan dan informasinya,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan