Puisi “Aku Perempuan” Antarkan Siswa SMAN 1 Kendari Wakili Sultra Diajang Nasional

  • Bagikan
Siswa SMAN 1 Kendari menjuarai lomba musikalisasi puisi tingkat daerah. (Foto: Ist)
Siswa SMAN 1 Kendari menjuarai lomba musikalisasi puisi tingkat daerah. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kendari sukses meraih juara satu dalam lomba musikalisasi puisi se- Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar oleh Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Sultra pada Sabtu, (2 Oktober 2021) lalu.

Lomba puisi tersebut diikuti lima siswa SMAN 1 Kendari dalam satu kelompok. Peserta membawakan materi puisi wajib dengan judul “Aku Perempuan”, dan juga puisi pilihan “Dibungalow Seorang Diri”.

Adapun kelima siswa itu bernama Sidik Sakti, siswa kelas 11 MIPA 5, Alvin Padangaran kelas 11 MIPA 1. Kemudian, Daniel T. Wijaya kelas XI MIPA unggul B, Danishara Yasmine Rachella kelas 12 MIPA 2, dan Anawula Azzahra Sarmadan siswa kelas 12 IPS 2.

Setelah memenangkan kompetisi tingkat daerah selanjutnya mereka akan mewakili Sultra diajang yang sama di tingkat nasional.

“Setelah menang di daerah mereka akan mewakili Sultra untuk mengikuti lomba tingkat nasional, yang bulan ini juga akan digelar,” ujar Ruslan Kepala SMAN 1 Kendari, Kamis (7/10/2021).

Pelatih musikalisasi puisi SMAN 1 Kendari, Iman Rifaldi menuturkan, tahun ini kegiatan tingkat nasional ini akan dilakukan secara daring atau online kemudian sistem penilaian akan dilakukan melalui video yang telah dikirimkan

“Ini memang kegiatan tahunan dari Badan Pengembangan Bahasa pusat. Untuk tahun ini dan tahun kemarin, karena masih situasi pandemi jadi kegiatannya online, kita hanya diminta untuk mengirimkan video musikalisasi puisi kami pada panitia,” paparnya.

Baca:   Tim Rasak-Haris Datangi Panwaslu dan KPU Kendari Ambil Sumpah Pakai Al Quran

Untuk itu saat ini, pihaknya tengah fokus mempersiapkan dan melatih siswanya itu untuk mempersembahkan yang terbaik di ajang nasional musikalisasi puisi.

Pelatihan dilakukan selama dua minggu hingga waktu pengiriman materi 18 Oktober nanti.

“Kita bagi waktu 6 hari latihan puisi wajib, dan 6 hari puisi pilihan. Sisanya kita gunakan untuk perekaman video. Jadi minta doanya untuk teman-teman semoga SMAN 1 Kendari bisa meraih prestasi tertinggi di ajang ini,” tandasnya. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan