Puluhan Calon Wirausaha di Sultra Dibina

  • Bagikan
Pelatihan UMKM bagi pengusaha dan calon pengusaha di Sultra. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara membina puluhan calon wirausaha agar semakin berkembang dan sukses usahanya, Jumat (7 Oktober 2022).

Pelatihan sejak 5-7 Oktober 2022 di salah satu hotel di Kota Kendari ini, diikuti calon wirausaha dari kabupaten dan kota di wilayah Sultra.

loker wartawan sultrakini

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi Sultra, Amrin, mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha agar bisa meningkatkan keterampilan dan kapasitas dalam usahanya nanti.

“Agar usaha yang tadinya mereka tidak menjadi mengerti, dari pra-mikro naik kelas ke mikro,” jelasnya.

Amrin menuturkan, pelatihan dibagi menjadi lima angkatkan guna untuk lebih mudah memberikan materi dan cepat pahami oleh para calon wirausaha. Misalnya, motivasi dan petunjuk agar dalam berwirausaha lebih terlatih dan berani, serta diperkenalkan cara pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), pelatihan pelabelan halal.

Sementara itu, Ketua Forum UKM IKM Sultra, Abdul Hakim menjelaskan setelah pelatihan pihaknya dan Dinas Koperasi akan terus membimbing para pelaku usaha yang terdaftar dan mengikuti pelatihan.

“Yang penting ada kemauan dan usaha, kita akan dampingi dan berikan motivasi. Ketika ada komunitas kita akan selalu pertanyakan apa masalah mereka selama berusaha dan itu kita arahkan,” ucap Abdul Hakim.

Baca:   DPMD Wakatobi Gandeng BPKP Latih Tenaga Operator Desa

Forum UKM IKM Sultra juga akan mengembangkan sumber daya alam potensial di setiap daerah di Provinsi Sultra.

Salah satu peserta, Ridwan Zakaria menuturkan, pelatihan UMKM sangat positif bagi wirausahawan atau calon wirausaha UMKM di Kota Kendari sehingga bisa mengembangkan lagi usahanya.

“Kami sangat terbantu untuk kedepannya dalam mengolah produk kami, mempunyai nilai jual tinggi,” ujar Pengusaha donat dan properti ini. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan