Puluhan Pegawai KPK Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan?

  • Bagikan
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan. (Foto: Suara.com)

SULTRAKINI.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima hasil tes wawasan kebangsaan yang diikuti seluruh pegawainya sebagai bagian dari proses alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Selasa (27/4/2021). Namun, berdasarkan informasi yang beredar, terdapat puluhan pegawai KPK yang berpotensi tidak lulus tes wawasan kebangsaan dan akan diberhentikan pada 1 Juni 2021. Salah satu pegawai yang berpotensi tidak lolos tes itu adalah penyidik KPK Novel Baswedan.

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku mendengar kabar soal dirinya dan 70-an orang pegawai lembaga antikorupsi tidak lulus tes Wawasan Kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN.

Novel merasa aneh apabila dirinya dan puluhan pegawai lainnya tidak lulus tes Wawasan Kebangsaan. Apalagi, dilihat dari profilnya, orang-orang yang tidak lulus itu memiliki rekam jejak baik dari sisi akademisi, integritas, bela negara, hingga sikap antikorupsinya.

“Aneh saja kalau nggak lulus WK,” ucap Novel Baswedan, Selasa (4/5/2021) dilansir dari bisnis.com.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Silakan saja mas lihat profil orang-orang yang dianggap tidak lulus WK tersebut, baik dari sisi akademisnya, integritasnya, bela negaranya selama ini dan sikap antikorupsinya untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Baca:   Disetujui DPR, Dana Kelurahan Dianggarkan Rp3 Triliun

Menanggapi kabar tersebut, KPK menegaskan hasil tes wawasan kebangsaan dalam alih status pegawai menjadi ASN belum dibuka. Hasil yang diterima dari BKN pada 27 April 2021 itu masih tersegel rapi di Gedung KPK.

Sumber: Kumparan.com, bisnis.com
Laporan: Al Iksan

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan