Punya Teman Toxic? Coba Cara Ini untuk Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Julia Dwi Sadini/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Di dalam pertemanan, tentunya kita akan menghadapi berbagai macam karakter dan sifat yang sangat beragam. Salah satunya bertemu dengan teman toxic.

Pernahkah Anda mendengar kata toxic atau Anda mendapatkan teman toxic? Berikut cara menghindari teman dengan perangai seperti itu.

Pertemanan toxic adalah hubungan pertemanan yang membuat seseorang merasa tidak didukung, selalu disalahkan, direndahkan, bahkan diserang dan segala hal buruk lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghindari pertemanan toxic.

  1. Tetapkan batasan

Seseorang dengan sifat yang toxic mungkin tidak akan sadar bahwa dirinya sangat mengganggu bagi orang di sekitarnya. Untuk itu, ada baiknya Anda memberikan batasan, apalagi saat terjebak dalam pertemanan toxic.

Berteman dan berinteraksi dengannya boleh saja, namun ada baiknya jika kamu sudah merasa terganggu menghadapi hal negatif yang dibawa orang tersebut, sebaiknya beri batasan dan kurangi berinteraksi dengannya. Jangan sampai kamu mengorbankan kondisi mental hanya untuk membuat senang teman toxic.

  1. Bicara langsung

Banyak di antara kita, ketika menghadapi teman toxic mengambil cara-cara dramatis. Apakah bertengkar hebat dengannya atau saling sindir di media sosial? Tahukah kamu cara ini hanya membuatmu tidak terlihat elegan dan hanya menguras energi kita. Dari pada dengan cara seperti itu, sebaiknya berbicara empat mata. Ajak temanmu deep talk untuk membahas masalah yang mengganggu, katakan padanya jika itu sangat mengganggumu.

  1. Jangan membalas sikapnya terhadapmu
Baca:   5 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Sebaiknya Dihindari

Kadang kamu akan merasa kesal, terbawa emosi, dan ada keingingan untuk membalas perilakunya. Namun, sebelum Anda berniat membalasnya ada baiknya pikirkan kembali karena itu hanya menjadikan kamu sama dengan dia. Jadi lebih baik tidak membalas perilakunya terhadapmu.

  1. Berinteraksi dengan teman lain

Cobalah menjalin pertemanan dengan orang lain. Berteman dengan orang yang banyak membual (toxic) dan tidak membuat kita berkembang memang sangat membuang waktu. Namun tidak bisa dipungkiri ada kalanya kita membutuhkan orang seperti itu. Oleh sebab itu, kamu bisa mencari pertemanan baru untuk berbagi cerita dan meminta pandangan objektif mengenai pendapatnya terkait hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jenis pertemanan tersebut.

  1. Berani katakan tidak

Bagi kamu yang merasa tidak enakan, cobalah mengubah pola pikirmu dan berlatih mengatakan tidak pada mereka. Mungkin diawal kamu akan merasa tidak terbiasa, tetapi semakin sering kamu mencoba melakukannya akan semakin terbiasa. Dengan selalu berkata tidak, lama-kelamaan orang toxic akan menyadari bahwa kamu tidak menyukai perilaku mereka.

  1. Menjauh darinya

Jika kamu merasa tidak bisa lagi mentoleransi masalah dalam hubungan pertemanan, jangan ragu mengakhirinya. Perlu diingat, menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan diri sendiri adalah hal penting. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam menjalani hidup dan aktivitas lainnya dengan nyaman. (B)

Baca:   Tertarik Beli Aksesoris Laptop? Simak 5 Hal Penting Ini

Laporan: Julia Dwi Sadini
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan