Radhan Nur Alam Siap Wujudkan Konsel Sebagai Sentra Sapi: Satu Desa Satu Peternakan Sapi

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN-Calon Bupati Konawe Selatan (Konsel), Radhan Nur Alam, terus menggulirkan visinya yang ambisius seiring potensi Konsel untuk menjadikan Konsel sebagai sentra sapi di Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan konsep “Satu Desa Satu Peternakan Sapi,” Radhan berkomitmen untuk melakukan modernisasi sektor peternakan yang terintegrasi di daerah tersebut.

Radhan menargetkan berbagai langkah terintegrasi untuk merealisasikan visinya. Langkah pertama adalah modernisasi peternakan melalui pengenalan teknologi canggih dalam proses pengelolaan dan pemeliharaan sapi. Subsidi pakan ternak juga akan diberikan untuk memastikan para peternak mendapatkan dukungan maksimal dalam menjalankan usahanya. Selain itu, pembangunan rumah potong sapi modern dijanjikan untuk memastikan standar kebersihan dan efisiensi yang tinggi dalam proses pemotongan.

“Asuransi ternak juga menjadi bagian penting dari rencana kami,”kata Radhan. Dengan adanya asuransi, peternak akan mendapatkan keamanan berupa perlindungan dari berbagai risiko. Selain itu, Konsel juga diarahkan untuk menjadi sentra produk olahan sapi, meningkatkan nilai tambah produk lokal dan membuka peluang pasar yang lebih luas.

Langkah-langkah tersebut, menurut calon yang senantiasa meraih elektabilitas tertinggi di aneka survey itu, tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Hal itu juga akan memperkuat posisi Konsel sebagai penghasil daging sapi terbesar di Sultra. Data BPS Sulawesi Tenggara tahun 2018 menunjukkan bahwa pada tahun 2017, populasi sapi Bali di Konsel mencapai 67.746 ekor, menjadikannya daerah dengan populasi sapi potong tertinggi di Sultra.

Visi Radhan ini juga diperkirakan akan berpengaruh positif terhadap elektabilitasnya bersama pasangannya, Rasyid. Dukungan terhadap visi ini sudah mulai terlihat dari berbagai kalangan, terutama para peternak yang merasakan langsung manfaat dari program-program yang diusulkan. Radhan juga telah melakukan berbagai uji kelayakan dan kepatutan di hadapan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sultra, di mana ia menyampaikan visi dan misinya secara komprehensif.

Radhan mengungkapkan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, inovatif, dan progresif adalah fondasi utama dalam mencapai visi tersebut. Dia juga menekankan pentingnya infrastruktur yang memadai, seperti jalan dan jembatan, serta pelayanan publik yang efisien dan birokrasi yang baik.

Dengan berbagai program unggulannya, Radhan Nur Alam berharap dapat membawa perubahan signifikan bagi Konawe Selatan. “Kami berharap dukungan berbagai pihak untuk membantu kami menempatkan Konsel dan warganya sebagai wilayah dan warga yang maju dan Sejahtera,”kata Radhan.

Laporan: Frirac

  • Bagikan