Rangkaian HUT Sultra, Pemkab Buton Siap Sukseskan Tapak Tilas Oputa Yi Koo

  • Bagikan
Rapat persiapan pembentukan panitia Kabupaten Buton Tapak Tilas. (Foto: Dok.Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Buton)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton siap menyukseskan tapak tilas Oputa Yii Koo, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi sebagai salah satu rangkaian HUT Provinsi Sulawesi Tenggara ke-58 yang dilokasikan di Buton dan Kota Baubau.

Pemerintah Provinsi Sultra bakal menggelar Tapak Tilas pahlawan nasional Oputa Yi Koo. Beliau merupakan Sultan Buton ke-20 (1752–1755) dan ke-23 (1760–1763) dengan gelar Kesultanan Himayatuddin Muhammad Saydi.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan Tapak Tilas adalah gelaran sejarah berskala nasional terbesar di Indonesia. Event ini sendiri akan dilakukan sebagai refleksi sejarah perjalanan Oputa Yi Koo dengan berjalan dan mendaki di puncak Gunung Siotapina yang menjadi puncak paling bersejarah dari sebuah perjalanan panjang perjuangan pahlawan nasional tersebut.

Untuk mempersiapkan hal itu, Pemda Buton menggelar rapat pembentukan panitia kabupaten di Anjungan VIP Kantor Bupati Buton, Lantai II, Kompleks Perkantoran Pemkab Buton, Takawa, Kecamatan Pasarwajo, Senin (9 Mei 2022).

Rapat ini juga membahas segala persiapan pihaknya untuk menjamu para peserta Tapak Tilas yang akan berjalan kaki dari Kota Baubau menuju puncak Siotapina.

La Bakry berharap, kegiatan tersebut menjadi ajang promosi budaya Kabupaten Buton karena peserta Tapak Tilas berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, sehingga mudah dalam penyampaian informasi tentang Buton yang memiliki peradaban tinggi itu.

Masyarakat Kabupaten Buton juga diminta kooperatif dan berpatisipasi menyukseskan acara tersebut.

Baca:   Oputa yi Koo, Sultan Buton yang Memukul Mundur Penjajah Belanda

“Tanggung jawab kita menyukseskan kegiatan tersebut, mulai dari persiapan toilet, dapur umum hingga pos-pos pemeriksaan dan persediaan bahan pangan. Kita semua di Buton kita harus memberikan kesan baik,” ucapnya dilansir dari akun Diskominfo dan Persandian Kabupaten Buton, Selasa (10 Mei 2022).

Peserta Tapak Tilas dijadwalkan memulai kegiatan dari Kota Baubau dan akan bermalam di lapangan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo. Keesokan harinya melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Lasalimu di Desa Wasambaa dan Wasuamba.

“Di desa itu, para peserta dijadwalkan bermalam, selanjutnya berjalan kaki menuju Puncak Siotapina yang jaraknya kurang lebih 20 kilometer dengan menyusuri hutan belantara. Di perjalan menuju puncak terdapat sepuluh pos peristirahatan,” terangnya.

Pada puncak acara, Gubernur Sultra Ali Mazi akan ikut hadir di puncak Siotapina dengan menggunakan helikopter. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini ido

  • Bagikan