Rasa Pahit Sayur Pare Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Meski Rasanya Pahit, Sayur pare bisa Jaga Tubuh dari Penyakit Foto: Detikhealth

SULTRAKINI.COM: Pare merupakan sayuran yang banyak ditemukan di pasaran. Rasa pahit terkandung dalam pare membuat sejumlah orang tidak menyukainya.

Rasa pahit sayuran pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengutip Boldsky, Minggu (1/7/2018), makanan pahit seperti pare dikatakan bisa memecah batu ginjal.

Memakan banyak makanan tidak sehat berakibat tubuh menjadi kelelahan dan lesu. Sebab terdapat berbagai zat tambahan yang ada di dalam makanan tadi, seperti pengawet atau pemanis buatan yang mempengaruhi kesehatan ginjal dan lever.

Lever diperlukan tubuh untuk menyaring racun. Ketika lever terlalu penuh, hal ini bisa membuat ginjal harus bekerja keras. Di situasi seperti ini, memakan sayuran dengan rasa pahit menjadi pilihan terbaik walaupun anda tidak menyukainya.

Berikut beberapa manfaat makanan pahit untuk tubuh:

1. Meningkatkan pencernaan

Rasa pahit dari sayuran pare memiliki peranannya sendiri. Hal ini bisa menstimulasi pencernaan sehingga meningkat. Pare juga mencegah acid reflux atau asam lambung.

2. Menjaga kesehatan lambung

Sayuran pahit bisa mengurangi sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu, serta meningkatkan kesehatan lambung.

3. Membuat kenyang

Pare membantu menormalkan proses pencernaan dan mencegah Anda makan terlalu banyak. Ini karena pare bisa membuat Anda kenyang lebih cepat.

Baca:   Dion Hardi (Caleg DPR RI): Partai Berkarya akan Bikin Indonesia Kembali Berjaya

4. Menjaga gula darah

Beberapa studi mengatakan, sayuran dengan rasa pahit bisa menormalkan kadar gula darah, kadar hormon, dan fungsi hormon endokrin.

5. Mencegah tukak lambung atau luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

Rasa pahit dalam sayuran bisa mencegah tukak lambung dengan cara menstimulasi sekresi lendir di perut. Pare bisa menjaga kadar alkalin internal perut tetap seimbang dan meminimalisir kadar asam dalam tubuh.

Selain beberapa manfaat di atas, sayur pare disinyalir menurunkan berat badan. Wah cocok nih buat kamu yang ingin diet atau menjaga postur tubuh tetap ideal. Kamu dapat mengonsumsi minuman jus pare setiap hari untuk mendapatkan penurunan berat badan.

Caranya, potonglah sayuran pare, kemudian berikan garam secukupnya dan diamkan selama 15 menit, tambahkan air pada potongan pare selanjutnya saring air pare, blender halus dan berikan sedikit perasan air lemon. Tips ini menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Sumber: Liputan6.com

Penulis: Hariati

  • Bagikan