Rasman Manafi Pimpin Pembangunan Kelautan Indonesia, Amanah Kongres HAPPI di Pontianak

  • Bagikan
Rasman dikukuhkan sebagai ketua HAPPI pada Kongres di Pontianak.
Rasman dikukuhkan sebagai ketua HAPPI pada Kongres di Pontianak.

SULTRAKINI.COM: Kongres Nasional ke-IV Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia (HAPPI) yang digelar di Pontianak, Senin (27 November 2023), telah menetapkan Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si sebagai Ketua Umum baru.

Pemilihan ini mencerminkan suara bulat dari peserta kongres yang mewakili belasan provinsi di Indonesia, menunjukkan dukungan kuat terhadap visi dan misi bersangkutan.


Sejak berdirinya pada tahun 2004, HAPPI telah menjadi lembaga penting dalam pembangunan dan pengelolaan kelautan dan pesisir di Indonesia. Organisasi ini telah berkontribusi dalam berbagai proyek dan inisiatif nasional, termasuk advokasi kebijakan, riset, serta pengembangan komunitas pesisir.

Kehadiran HAPPI di 11 provinsi menandai langkah signifikan dalam upaya memperkuat kerjasama antar daerah dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Dr Muh Rasman Manafi, dalam periode kepemimpinannya selama lima tahun ke depan, menekankan pentingnya revitalisasi peran HAPPI. Ia menyoroti tiga agenda utama: memastikan pembangunan kelautan dan kemaritiman menjadi prioritas nasional, mempercepat pembentukan struktur organisasi di daerah, serta mengoptimalkan kebijakan yang telah ditelaah oleh para ahli.

“Kami bertekad untuk mengembangkan potensi kelautan Indonesia secara maksimal. HAPPI akan terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi biru, dengan fokus pada pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil,” tegas Dr Muh Rasman Manafi.

Laporan: Frirac

loker marketing sultrakini
  • Bagikan