Ratusan Berkas Beasiswa Cerdas Wawoniiku Dinyatakan Tidak Lengkap

  • Bagikan
Kepala Bidang Guru dan Ketenagaan Dikbud Konkep, Suharmin. (Foto: Kalvin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Antusias pelajar asal Kabupaten Konawe Kepulauan untuk mendapatkan Beasiswa Cerdas Wawoniiku begitu besar. Namun mereka terkendala kelengkapan berkas sebagai syarat sahnya menerima bantuan.

Dari 1.023 berkas mahasiswa yang diterima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konkep, hanya 523 berkas yang dinyatakan lengkap, sisanya masih diberi kesempatan untuk dilengkapi.  

Awal Juni 2017 tahap pertama penyaluran beasiswa akan dimulai melalui salah satu perbankan dengan besaran dana Rp 1,5 miliar untuk 523 mahasiswa. Penerima beasiswa terdiri dari dua mahasiswa program doktor, 17 magister, mahasiswa S1 dan program D3. Terkait besarannya, S3 mendapatkan Rp 25 juta per tahun atau dua semester, S2 Rp 14 juta per tahun, diploma dan S1 masing-masing berkisar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta per tahun. 

Meski dana ini sudah disalurkan melalui rekening masing-masing mahasiswa, Namun belum bisa dicairkan sebelum mengambil rekomendasi pencairan dari Dikbud.  Kemudian ada formulir yang disediakan terkait peruntukan dana tersebut dalam proses perkuliahan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Kepala Bidang Guru dan Ketenagaan Dikbud Konkep, Suharmin mengatakan dana Beasiswa Cerdas Wawoniiku harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan perkuliahan. Misalkan membayar SPP, uang buku dan kebutuhan kampus lainnya.  Terkait yang belum lengkap berkasnya maka dipersilahkan melengkapi sembari menunggu tahapan pencairan selanjutnya.  

Baca:   Terancam Ditambang, Bappeda Konkep: Kata Warga Haram Masuk di Wawonii

“Kami juga terpaksa tidak bisa menyalurkan beasiswa kepada beberapa pemohon, karena sudah lewat umur serta tidak mencukupi syarat IPKnya (Indeks Prestasi Kumulatif). Batasan umur penerima bantuan untuk D3 dan S1 adalah 26 tahun, S2 35 tahun dan S3 40 tahun,” jelasnya kepada wartawan SultraKini.Com, Rabu (24/5/2017). 

Kandidat doktor Managemen Pendidikan Universitas Halu Oleo (UHO) ini menjelaskan, daftar nama-nama penerima Beasiswa Cerdas Wawoniiku baik kategori tidak mampu dan berprestasi sudah diterima pihak Bank Sultra.  Proses selanjutnya menunggu konfirmasi dari pihak bank.

Laporan: Kalvin

  • Bagikan