Ratusan Kendaraan Hasil Operasi Balap Liar Ditilang, Satlantas Polres Kendari Harapkan Orang Tua Menasehati Anaknya

  • Bagikan
Sejumlah kendaraan hasil operasi Balap liar di Kendari. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak ratusan sepeda motor yang digunakan untuk balapan liar maupun menggunakan knalpot bogar. Kasatlantas Polres Kendari, AKP Lesmana Pramuditya, mengatakan ratusan kendaraan tersebut merupakan hasil razia di sejumlah tempat selama dua pekan.

“Kami mengamankan 160 kendaraan roda dua dan dua unit roda empat. Kendaraan yang diamankan diindikasi untuk balap liar dan ada menggunakan knalpot bogar,” jelasnya, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, tren balapan liar yang umumnya dilakukan usia 18-21 tahun ini selama pandemi disinyalir tidak adanya kegiatan bermanfaat sehingga pelanggaran berlalu lintas tersebut dijadikan hiburan.

“Ada peningkatan, mungkin dikarenakan libur sekolah jadi tidak ada kegiatan, sebenarnya pihak pemerintah juga melarang terkait protokol Covid-19 tentang adanya kumpul-kumpul jadi hal itu juga yang mendasari kita dalam menindak karena melarang adanya kerumunan,” jelasanya.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Untuk mengambil kendaraan yang ditilang itu, pemilik kendaraan harus membawa knalpot standar dan menggantinya.

Sementara untuk mencegah pelanggaran tersebut terus terulang, pihak Polres Kendari mengharapkan peran orang tua sebagai garda terdepan menasehati dan mencegah anaknya terlibat balapan liar.

“Pelaku balap liar masih terbilang remaja beranjak dewasa,” tambahnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Baca:   Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif Polres Konsel Bentuk Kampung Kamtibmas
  • Bagikan