Rektor UHO Minta Alumni Bekerja Profesional dan Bertanggungjawab

  • Bagikan
Rektor UHO, Muh Zamrun saat mengukuhkan salah seorang wisudawan di Aula Mokodompit UHO, Selasa (30/10/2018). (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Rektor UHO, Muh Zamrun saat mengukuhkan salah seorang wisudawan di Aula Mokodompit UHO, Selasa (30/10/2018). (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Muh Zamrun Firihu meminta alumni mengamalkan ilmu dalam profesi sesuai bidangnya masing-masing secara profesional, bertanggungjawab, dan berkualitas.

Menurut Muh Zamrun, lulusan merupakan salah satu perwujudan tanggung jawab UHO kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Sekaligus wujud karya utama kampus terbesar di Sultra sebagai lembaga pendidikan tinggi. Apalagi para alumni telah berhasil menyelesaikan proses pendidikan formal lengkap dengan segala bentuk evaluasi di dalamnya, baik di tingkat sarjana, magister, maupun doktor.

“Kepada seluruh wisudawan, saya ingin menitipkan pesan, ilmu yang diperoleh dapat digunakan untuk berkarya di dalam Wilayah Republik Indonesia sesuai dengan profesi masing-masing. Tetap jaga nama almamater dan etika sebagai seorang sarjana, dokter, magister dan doktor,” ujarnya saat membawa sambutan dalam pelaksanaan wisuda di Aula Mokodompit, UHO, Selasa (30/10/2018).

Mantan Dekan FMIPA UHO tersebut, menambahkan para wisudawan sebagai bagian pemuda harus mempersiapkan diri bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Sebagai bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, serta kebudayaan unggul, UHO harus mampu melahirkan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik.

“Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda terus dibangun menjadi pemuda-pemuda unggul, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Dengan demikian, mereka dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif,” ucapnya.

Baca:   Harga Dua Jenis BBM di Sultra Naik

Untuk diketahui wisuda periode Juli-Oktober 2018 UHO dibagi atas dua gelombang mulai 30 sampai 31 Oktober 2018. Hal ini disebabkan karena jumlah wisudawan lebih dari seribu orang, yaitu 1.507 wisudawan.
Wisuda Gelombang I diikuti 750 orang dari Program Pascasarjana (PPs) terdiri dari Program Doktor enam orang dan Program Magister 147 orang serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis 131 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 191 orang, Fakultas Pertanian 76 orang.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 62 orang, Fakultas Teknik 50 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 40 orang, serta Fakultas Kedokteran 28 orang, dan Profesi Dokter 19 orang.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan