Rektor Unhas Rayakan Ulang Tahun Spesial di Kota Baubau

  • Bagikan
Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, merayakan ulang tahunnya di Kota Baubau, Sultra. (Foto: Istimewa)
Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, merayakan ulang tahunnya di Kota Baubau, Sultra. (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA merayakan ulang tahun spesial di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Jumat (19/4/2019).

Sesaat setelah tiba di Kota Baubau, Rektor Unhas didampingi oleh suami, H. Muhammad Natsir Kalla, SE, MM, langsung berkunjung ke Masjid Quba di lingkungan Keraton Buton.

Masjid ini memiliki nilai tersendiri dalam perkembangan Islam di Kabupaten Buton. Selain melaksanakan salat Zuhur, Prof. Dwia sempat didoakan oleh ulama dan pemuka agama Masjid Quba.

“Ulang tahun saya kali ini benar-benar spesial,” ujar wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung 19 April 1964 ini dalam rilis diterima Sultrakini.com, Sabtu (20/4/2019).

Alasannya kata Guru Besar Sosilogi Unhas itu, perayaan ulang tahun bertepatan dengan perayaan Nisfu Syaban bagi umat Islam, khususnya umat Islam di ‘negeri Buton’.

“Saya dengar kalau orang Buton itu sangat menghormati bulan Syaban. Hampir semua orang Buton merayakan Nisfu Syaban selama dua hari berturut-turut, mulai hari ini hingga besok. Orang Buton menggelar perayaan Nisfu Syaban dalam bentuk tradisi baca Surat Yasin, memohon umur panjang, meningkatkan ketaatan dan keimanan kepada Allah serta menolak bala. Jadi momen perayaan ulang tahun saya benar-benar spesial karena bertepatan dengan ritual Nisfu Syaban orang Buton,”terang Prof Dwia.

Baca:   Komunitas M1R di Baubau Adakan Sunat Massal Gratis 113 Anak, Wali Kota Apresiasi

Selain itu, di perayaan ulang tahunnya kali ini terasa spesial karena dirayakan di tengah-tengah ratusan alumni Unhas yang berasal dari Kepulauan Buton.

Prof Dwia juga bersyukur di ulang tahunnya tersebut, ikut dirayakan oleh Wali Kota Baubau, Dr. AS Tamrin, MA serta seluruh jajaran Pemerintahan Kota Baubau.

“Ini benar-benar momen spesial karena ulang tahun saya dihadiri pak wali kota dan seluruh jajarannya di Kota Baubau. Apalagi saya dapat kado ulang tahun spesial dari pak wali,” ucap istri Direktur PT Makassar Raya Motor, H.M Natsir Kalla, SE, MM tersebut.

Wali Kota Baubau dalam sambutan singkatnya menyampaikan selamat ulang tahun kepada Prof Dwia. Mantan Kakanwil Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan ini juga mendoakan Prof Dwia agar diberi umur panjang, kesehatan, dan kesuksesan oleh Allah SWT.

“Sudah banyak rektor perguruan tinggi yang hadir di Kota Baubau. Tapi baru kali ini ada rektor disambut secara meriah dan dirayakan ulang tahunnya oleh para alumninya. Apalagi perayaannya ini bertepatan dengan perayaan Nisfu Syaban. Kebebetulan malam ini juga saya Haroa,” jelas AS Tamrin.

Haroa adalah tradisi Buton yang mengandung nilai-nilai ritual Islam. Pada momen ini, orang-orang yang menghadiri haroa membaca Surat Yasin, serta menyampaikan doa khusus, diiringi sajian makanan khas.

Baca:   Ini Larangan Terkait Covid-19 Jelang Tahun Baru di Baubau

AS Tamrin sengaja menulis 10 (sepuluh) bait pantun lalu membacakan pantun tersebut di hadapan rektor Unhas dan ratusan alumni Unhas yang mengadiri temu almuni Unhas di Kepulauan Buton tersebut.

Usai acara, wali kota Baubau menyerahkan lembar kertas pantun yang ditulis tangan. Rektor Unhas sangat terharu menerimanya.

“Pak Wali, ini benar-benar kado yang tidak ada nilainya. Berapapun banyaknya uang kita, ke toko manapun kita pergi, tidak mungkin bisa membeli kado ini. Saya sangat berterima kasih, Pak Wali,” tambah Prof. Dwia ketika menerima lembaran kertas pantun.

Perayaan ulang tahun rektor dan temu alumni Unhas Kepulauan Buton ini, diakhiri foto bersama para alumnus Unhas mulai dari angkatan 70-an hingga 2000-an.

Sumber: Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman.
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan