Rektor USN Kolaka Resmi Terima SK Pendirian Kampus B di Buteng

  • Bagikan
Penyerahan SK pendirian Kampus B USN di Kecamatan Mawasangka, Buteng. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Penyerahan SK pendirian Kampus B USN di Kecamatan Mawasangka, Buteng. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari, resmi menerima SK pendirian Kampus B USN dari Biro Hukum Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ani Nurdiani Azizah di Kantor Camat Mawasangka, Buton Tengah (Buteng), Senin (25/2/2019). Penyerahan SK disaksikan sejumlah masyarakat Mawasangka.

“Pendirian Kampus B USN di Mawasangka, Buton Tengah adalah bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap pulau-pulau terluar di Indonesia,” ucap Rektor USN Kolaka, Azhari, Senin (25/2/2019).

Rektor berharap, putra daerah bersama-sama membangun kampus tersebut. “Akademisi dari kedua pulau ini di mana pun, yang ingin membangun dan mengembangkan kampus ini saya mengundang dengan hormat silakan datang, kita sama-sama membangun daerah yang kita cintai ini,” tambahnya.

Menurutnya, dari dua universitas negeri dan universitas swasta di Sultra, tidak dapat menampung jumlah kelulusan siswa SMA sederajat yang ada di Kabupaten Buton maupun Kabupaten Muna, sehingga Kampus B USN diharapkan bisa menyerap lulusan di wilayah tersebut.

“Di daratan Muna dan Buton lulusan SMA sederajat itu sekitar 22.000 orang. Sementara UHO daya tampung hanya 7.000 dan USN hanya 3.000, selebihnya ditampung di kampus swasta lain di Sultra, semuanya tidak bisa mengakomodir jumlah lulusan tadi. Jadi saya harap dengan berdirinya kampus ini nanti mengurangi beban kampus lain,” ujarnya.

Baca:   Panpel: Tak Benar Biaya Hidup KKN Mahasiswa Kita Ambil

Kedepannya, diharapkan tidak tidak ada lagi siswa SMA sederajat di Buteng tidak melanjutkan pendidikan tinggi dikarenakan USN akan membantu mereka.

“Tidak ada alasan lagi orang miskin tidak mau kuliah, datang kuliah di sini. Kalau miskin, di sini SPP hanya 500 ribu, yatim maupun piatu, dan yatim piatu semuanya akan diberikan beasiswa,” terangnya.

Biro Hukum Kemenristekdikti, Ani Nurdiani Azizah, mengatakan pembangunan daerah yang dikatakan berhasil adalah dapat meningkatkan dua hal, yaitu sisi kesejahtaraan masyarakatnya dan sumber daya manusianya yang cerdas. Kalau tahun sebelumnya pemerintah pusat adalah fokusnya ke Infrastruktur, sekarang ini telah diubah, yaitu pengembangan sumber daya manusia.

“Kami tentu saja dengan diserahkan SK ini, mohon dilaksanakan sebaik-baiknya karena semuanya akan diawasi oleh tim internal dari pusat. Jadi rektor dalam menjalankan harus ada target apa dulu yang mau lakukan,” jelas Ani.

Pembangunan Kampus B USN di Mawasangka juga disambut Bupati Buteng, Samahuddin. Dia mengapresiasi dan menyatakan dukungannya dalam mempercepat dan memobilitas calon mahasiswa.

“Sebagai pemerintah setempat, sebenarnya ini yang kami tunggu-tunggu dari dulu. Kami support (dukung) secara penuh, kalau masalah akses jalan menuju kampus kami akan aspal selebar 15 meter menuju kampus, yang jelas bukan kampus yang cari jalan, tapi jalan yang cari kampus,” ucap Samahuddin.

Baca:   OPD Buteng Dituntut Inovatif dalam Menyusun RAPBD 2019

Untuk diketahui, penyerahan SK pendirian Kampus B USN juga dihadiri pejabat utama USN beserta kepala SKPD Pemda Buteng dan masyarakat Kecamatan Mawasangka yang disambut dengan tarian adat lokal Buton.

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan