Renovasi Pasar Rakyat Inowa, Disperindagkop Konawe Genjot Perekonomian Masyarakat

  • Bagikan
Renovasi pembangunan gedung Pasar Rakyat Inowa Asaki di Desa Asaki, Kecamatan Lambuya. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM (Disperindagkop) merenovasi Pasar Rakyat Inowa Asaki di Desa Asaki, Kecamatan Lambuya, dengan harapan roda perekonomian masyarakat setempat semakin meningkat.

Renovasi pembangunan pasar tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 dengan total dana yang dialokasikan sekira Rp161 juta.

Kepala Disperindagkop Konawe, Muhammad Nur, mengatakan saat ini pengerjaan renovasi pasar rakyat Inowa Asaki di Kecamatan Lambuya Kebupaten Konawe masih dalam tahap pembangunan.

“Iya, masih sementara dikerjakan, tapi aktivitas perdagang masih tetap berjalan,” katanya, Selasa (13 September 2022).

Mantan Kadis Dispora Konawe itu berharap, agar dengan adanya pembenahan di pasar tersebut dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat dan juga pedagang maupun pembeli merasa nyaman di area tersebut.

“Jadi, sebisanya jika sudah jadi renovasinya, kebersihan dan keamanan pasar harus dijaga,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Lambuya, Ulil Amrin, mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah setempat dengan adanya perenovasian pasar rakyat Inowa asaki tersebut, pasalnya, jika dilihat kondisinya sudah tidak memungkinkan dilakukan aktivitas jual beli, sehingga harus direhab.

“Umurnya pasar ini sudah lama sekali, jadi perlu memang diperbaiki dan masyarakat juga disini maunya begitu,” ucapnya.

Baca:   Pilkada Muna 2020 Terancam Diundur

Ulil Amrin juga menambahkan, untuk aktivitas para pedagang di area pasar itu masih berjalan normal, karena mereka berjualan pas depan pasar yang direnovasi.

“Jadi mereka menjualnya agak maju kedepan, jadi tidak menggangu pekerjaan bangunan dan juga aktivitas pedagang terus lanjut,” tambahnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan