Ribuan Personel Gabungan Amankan Nataru, Dilengkapi 71 Pos Pam

  • Bagikan
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin di Mapolda Sultra, Kamis (22 Desember 2022). (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Polda Sultra siagakan ribuan personel gabungan dalam pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa 2022 dalam rangka pengamanan nataru berlangsung di Mapolda Sultra, Kamis (22 Desember 2022).

loker wartawan sultrakini

Saat memimpin upacara, Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto mengatakan, personel Polri/TNI dan instansi terkait/stakehodler dilibatkan dalam operasi kali ini berjumlah 3.270 orang, terdiri dari Polri 1.318 orang, TNI 368 orang, dan gabungan stakeholder 1.584 orang.

“Untuk pos pengamanan terdapat 71 Pos Pam, di antaranya Pos Pam 34 lokasi, Pos Pelayanan sebelas lokasi, Pos Terpadu empat lokasi, dan Pos Pam Gereja 22 lokasi,” jelas Kapolda.

Irjen Teguh menegaskan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir personel, meliputi sarana dan prasaran agar dalam pelaksanaannya dapat terlaksana maksimal dan kondusif.

Saat ini, momentum nataru berimplikasi terhadap mobilitas masyarakat, untuk itu Polri dan dukungan TNI menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin.

“Kita siapkan Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu agar masyarakat aman dan nyaman, sehingga potensi gangguan, kemacetan dan lalu lintas jalan, penyeberangan antarpulau dan padatnya lalu lintas penerbangan bisa kita atasi,” ucapnya.

Baca:   Polda Sultra Bentuk Operasi Bina Kusuma Berantas Tindak Kejahatan

Kembali ditekankan kepada personel, bahwa aksi terorisme tidak boleh terjadi dan harus melaksanakan pengamanan rumah ibadah yang berpotensi jadi target serangan teror dengan melakukan sterilisasi dengan melibatkan stakeholder dalam pam ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Tidak lupa quick respon dalam mitigasi bencana karena keberhasilan pam Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan,” terang Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Apel Gelar Pasukan turut diikuti jajaran pejabat utama Polda Sultra beserta forkopimda, dan personel gabungan TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, serta Basarnas. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan