Ribuan Pohon Bakal Ditaham di Sekitaran Dua Mata Air di Mubar

  • Bagikan
Kepala DLH Mubar, Alimran. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Pemerintah Daerah Muna Barat, Sulawesi Tenggara melalui Dinas Lingkungan Hidup Mubar akan menata lingkungan demi menciptakan wilayah yang hijau, bersih indah, dan nyaman. Rencananya puluhan ribu pohon akan ditanam di sekitaran dua mata air wilayah setempat.

Sebanyak 10.000 pohon rencananya akan ditanam di sekitar mata air Lasoropa, Desa Katobu dan mata air Waunda, Kelurahan Lapadaku pada akhir 2021.
Penanaman dilakukan agar mencegah terjadinya erosi, mengendalikan angkutan sedimen, mengendalikan sedimentasi, dan pencegahan terjadinya kerusakan lingkungan.

“Jenisnya jati dan jabon, untuk penanaman yang signifikan dibutuhkan kolaborasi antara dinas terkait dengan unsur kewilayahan baik itu RW, kelurahan maupun kecamatan. Hal tersebut cukup penting karena memudahkan koordinasi untuk penanaman,” ujar Kepala DLH Mubar, Alimran, Selasa (23/3/2021).

Di tengah upaya Pemda Mubar merehabilitasi kawasan wisata tersebut, masyarakat juga diharapkan tidak melakukan perambahan hutan di bantaran mata air, mengingat air adalah salah satu sumber kehidupan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik untuk keberlangsungan kehidupan saat ini, dan bagi anak cucu kita kedepannya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

Baca:   Lelang Jabatan Sekretaris Daerah Mubar Dibuka
  • Bagikan