Ribuan Unit Perumahan Bersubsidi di Baubau Bakal Direalisasikan 2019

  • Bagikan
Wali Kota Baubau, AS Tamrin di agenda penandatanganan kerja sama penyediaan fasilitas KPR BTN bersubsidi di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Rabu (20/3/2019). (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Wali Kota Baubau, AS Tamrin di agenda penandatanganan kerja sama penyediaan fasilitas KPR BTN bersubsidi di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Rabu (20/3/2019). (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau menandatangi kerja sama penyediaan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR) BTN bersubsidi bagi aparatur sipil negara di wilayah setempat.

Kerja sama Pemkot dibentuk bersama dua developer dari PT Wahyu Inulgi Mandiri, PT Cipta Buana Kapital, serta Bank Tabungan Negara (Persero), Rabu (20/3/2019).

Wali Kota Baubau, AS Tamrin, mengatakan pengadaan perumahan bersubsidi bakal memberikan kemudahan bagi PNS di wilayah setempat untuk memiliki impian rumah sendiri. Dirinya memerintahkan, seluruh jajarannya dalam memberikan pelayanan prima bagi kepengurusan perumahan tersebut.

“Pengurusan perumahan bersubsidi ini, PNS tidak dipersulit. Pelayanan prima itu kan murah, sederhana, lancar, aman, dan berkelanjutan,” terang AS Tamrin, Rabu (20/3/2019).

Perumahan bersubsidi, lanjutnya memiliki ketentuan. Misalnya, syarat nominal penghasilan maksimal Rp 4 juta dan PNS bersangkutan belum memiliki rumah, dan kepemilikannya tidak sebatas PNS, artinya perumahan bersubsidi itu bisa dimiliki pelaku wirausaha maupun pedagang.

“Jumlah perumahan bersubsidi disiapkan untuk PNS kurang lebih 500 hingga 1.000 untuk tahun ini yang kami support (dukung) untuk segera memiliki rumah melalui KPR, tinggal tadi tetap ada proses tahapannya dan syarat-syaratnya,” ucapnya.

Data dihimpun Sultrakini.com, pihak BTN pada 2018, merealisasikan sekitar 300 unit rumah bersubsidi di Kota Baubau. Targetnya tahun ini, minimal 500 unit direalisasikan, terlebih target tersebut didukung Pemkot setempat.

Baca:   Wali Kota Baubau: Saran dan Masukan Masyarakat bisa Dijadikan Pertimbangan Program Kerja 2020

Kerja sama Pemkot dalam pengadaan perumahan bersubsidi ini dihadiri sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Perumahan Baubau, Kepala Cabang bank BTN Kota Annies Wicaksono.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan